10 Kata Yang Sering Dipakai Dalam Profil LinkedIn


 

leadership

Jika anda mengira kata “Specialized” menunjukkan keistimewaan anda secara profesional? faktanya banyak yang menuliskan hal sama. LinkedIn mengumumkan 10 kata yang terlalu sering dituliskan dalam profil oleh profesional di Indonesia selama 12 bulan terakhir.
Sejak 6 tahun terakhir ini, LinkedIn secara rutin menerbitkan kajian mereka atas kata-kata yang paling banyak dipergunakan (buzzwords) dalam profil mereka.

Data terbaru menunjukkan bahwa mayoritas profesional di Indonesia mencoba untuk menunjukkan keistimewaan mereka dengan menuliskan keahlian yang spesifik dan kepemimpinan. “Specialized” dan “Leadership” merupakan dua kata teratas pada daftar buzzwords pada 2016. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kata “Creative” dan “Motivated” menduduki peringkat 2 teratas.

Berikut adalah 10 kata yang paling sering dituliskan (buzzwords) oleh profesional Indonesia selama tahun 2016 :

 

  1. Specialized
  2. Leadership
  3. Passionate
  4. Experienced
  5. Responsible
  6. Strategic
  7. Creative
  8. Expert
  9. Focused
  10. Certified

 

“Memiliki personal brand online yang kuat adalah kunci untuk membuka berbagai peluang di masa depan, terlebih lagi di awal tahun ketika banyak yang ingin mendapatkan pekerjaan baru hingga kesempatan untuk melakukan kegiatan sosial yang bermakna. Karena itu, penting bagi seseorang untuk terlihat menonjol dan istimewa dibanding yang lain tanpa terlihat terlalu membesarkan ataupun merendahkan diri,” ujar Roger Pua, Senior Director, Corporate Communications for Asia Pacific, LinkedIn.

 

Lanjut Roger, “Memperbarui profil LinkedIn dengan menambahkan berbagai prestasi dan kemampuan baru yang didapat, merupakan tindakan yang bermanfaat dan membuat Anda menonjol. Namun, jangan terjebak dengan kata-kata. Meskipun kata-kata yang umum dapat memudahkan Anda, namun kenyataannya hal tersebut tidaklah efektif untuk merefleksikan keistimewaan Anda sebagai profesional, terlebih ketika semua orang menuliskan kata yang sama.”

 

Arbania Fitriani, Director StellarHR Indonesia, sebuah perusahaan di bidang konsultan Human Resources Management di Indonesia menambahkan, “Personal branding yang dapat menjelaskan kelebihan dan keistimewaannya, membantu para personel HR untuk memahami tentang bagaimana seorang profesional kapabel untuk mengisi suatu posisi pekerjaan. Personal branding membedakan seorang talenta yang luar biasa, dengan jutaan profesional lainnya. Terlebih lagi, kami selalu tertarik mempelajari lebih lanjut tentang kontribusi mereka di dalam pekerjaannya.”

 

Untuk membantu pengguna memperkuat personal brand online mereka, LinkedIn bekerjasama dengan penulis, Chrisopher Sandford, penulis buku biografi terlaris, yang terbiasa untuk mengartikulasi atau menilai prestasi orang lain. Dia memberikan tips bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas profil LinkedIn di tahun in:

 

  1. Perhatikan Bahasamu

Ringkasan profil adalah hal pertama yang diperhatikan oleh orang dan inilah yang membuat orang tertarik untuk membaca informasi lebih lanjut tentang Anda. Curi perhatian mereka dengan cerita yang unik, kalimat pendek, hingga penggunaan tanda baca dengan efektif, contohnya ‘Musik adalah cinta pertama saya’. Ingat untuk selalu memikirkan reaksi pembaca ketika membaca ringkasan Anda.

 

  1. Lugas dalam menjelaskan
    Anda berbicara dari sudut pandang orang ketiga ketika di dalam dunia profesional? Jangan! Hal tersebut tidak menarik. Gunakan nada yang lugas, tegas, dan jelaskan diri Anda dari sudut pandang orang pertama. Jangan malu  menunjukkan kepribadian dan karakter Anda. Hindari istilah atau jargon khusus yang hanya dimengerti sebagian orang.

 

  1. Pengalaman Anda adalah modal Anda
    Tulislah semua pengalaman kerja Anda yang relevan dan jelaskan tugas Anda dengan bahasa sehari-hari. Ini membantu pembaca untuk memahami pengalaman Anda lebih lanjut. Kelengkapan profil lengkap mencerminkan orang yang aktif.

 

  1. Buktikan bukan dengan berkata-kata semata
    Tunjukanlah hasil dan prestasi yang nyata di profil, daripada hanya menuliskan kata umum seperti ‘Specialized’ untuk menonjolkan keistimewaan Anda. Hasil presentasi, tulisan, blog, hingga proyek yang di-upload memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kelebihan dan keunikan Anda.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s