Kebangkitan Generasi Internet Indonesia


Siti Fauziah, Public Relation Executive Tokopedia berbicara dalam sebuah acara di Palembang (05/03/15).
Siti Fauziah, Public Relation Executive Tokopedia berbicara dalam sebuah acara di Palembang (05/03/15).

Tokopedia, mall online terbesar di Indonesia, tahun ini kembali mengadakan Tokopedia Roadshow bertemakan The Rise of The Internet Generation atau Kebangkitan Generasi Internet, yang digelar di enam kota di Indonesia, Semarang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Malang dan Makassar pada bulan Maret hingga April 2015. Dalam kegiatan ini, dilakukan serangkaian acara  seperti Temu Toppers, Tokopedia Goes to Campus dan Tokopedia Goes to School.

Temu Toppers merupakan forum rutin dwi mingguan yang mempertemukan penjual dan pembeli Tokopedia untuk berdiskusi secara langsung mengenai dunia internet, e-commerce, serta fitur-fitur yang dimiliki Tokopedia. Temu Toppers merupakan ajang peserta untuk menyampaikan pendapat terkait pengembangan fitur Tokopedia ke arah yang lebih baik. Tokopedia juga akan menggelar presentasi yang relevan untuk peserta Temu Toppers. Selain itu, Tokopedia juga sering mengadakan workshop yang ditujukan untuk UMKM lokal yang belum menjadi pengguna Tokopedia. Hal ini ditujukan untuk meyakinkan mereka memulai bisnis secara online. Rangkaian acara yang lain yaitu Tokopedia Goes to Campus, seminar yang menyasar mahasiswa/i di salah satu universitas terbaik di masing-masing kota yang dituju dengan tema Entrepreneurship di Bidang Teknologi.

Tahun ini terdapat satu rangkaian acara baru dalam Tokopedia Roadshow, yaitu Tokopedia Goes to School. Berbeda dengan Tokopedia Goes to Campus yang menargetkan mahasiswa sebagai peserta, Tokopedia Goes to School menyasar pelajar SMA. Tujuan dari acara ini adalah memberikan edukasi kepada pelajar mengenai dunia internet, khususnya e-commerce, serta menginspirasi mereka untuk menjadi wiraswasta muda yang dapat bersaing secara global.

Siti Fauziah, Public Relations Executive PT Tokopedia dalam keterangan pers Kamis, 5 Maret 2015 menyatakan, “Kami berharap proses edukasi yang dilakukan melalui kegiatan Tokopedia Roadshow ini berdampak baik, misalnya untuk para mahasiswa dan pelajar, yang belum terpikir untuk membangun bisnis secara online akhirnya terinspirasi untuk memanfaatkan peluang bisnis di ranah online setelah mengikuti seminar di Tokopedia Goes to Campus atau Tokopedia Goes to School.”

Tokopedia Roadshow kembali diadakan karena Tokopedia mencatat tingginya animo masyarakat terhadap acara ini. Tahun lalu, Tokopedia Roadshow berhasil mendatangkan lebih dari 1700 peserta. Tahun ini, Tokopedia berharap kembali mendulang kesuksesan, seperti roadshow sebelumnya. Sesuai dengan visinya, yaitu Membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet, Tokopedia ingin terus konsisten mengadakan Tokopedia Roadshow yang notabene merupakan kegiatan edukasi terkait dengan dunia internet. “Selain untuk lebih mendekatkan diri kepada pengguna Tokopedia di luar daerah Jakarta, kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab perusahaan untuk melakukan proses edukasi mengenai industri internet kepada masyarakat luas. Tokopedia Roadshow merupakan bukti keseriusan Tokopedia dalam membangun Indonesia yang lebih baik melalui internet, sesuai dengan visinya,” terang Siti Fauziah.

Semarang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Malang dan Makassar menjadi tujuan Tokopedia Roadshow 2015 karena banyaknya penjual dan pembeli Tokopedia yang berasal dari kota-kota tersebut. Siti Fauziah menambahkan, “ Kami memilih enam kota tersebut selain karena banyak user Tokopedia, kami juga melihat semua kota itu potensial untuk berkembang dalam bisnis online.” Hal ini sesuai dengan peran Tokopedia untuk memperluas lapangan pekerjaan di Indonesia.

Tokopedia merupakan online marketplace yang memungkinan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online yang aman dan nyaman. Tokopedia berdiri pada 17 Agustus 2009, dengan visi Membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet. Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan internet pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan investasi sebesar 100 juta USD dari Softbank Internet & Media dan Sequoia Capital. (Lukman Hqeem | @hqeem)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s