Chinese Zodiac 12; Upaya mengembalikan artefak Cina yang diboikot di Hong Kong


chinese-zodiac-pstr07

Masih menyambut imlek tahun ini, sangat pas apabila dimeriahkan dengan menyaksikan film terbaru dari Jacki Chan, Chinese Zodiac 12, selain sesuai dengan nuansa hari-hari ini, penonton juga akan dihibur dengan aksi-aksi laga nan kocak ala Jackie Chan sebagaimana dalam film-filam sebelumnya.

chinese-zodiacChinese Zodiac 12 (CZ12) bercerita tentang perburuan mendapatkan kembali kepala-kepala patung perunggu 12 Zodiak Cina yang dipampas oleh Inggris dari Istana Musim Panas saat merebut Cina dalam perang Candu. Jackie Chan, yang dalam film ini juga memerankan lakon dengan initial JC, bersama timnya melakukan berbagai cara mendapatkan artefak-artefak Cina tersebut. Berbagai aksi akrobatik khas Jackie Chan dengan bumbu-bumbu slapstick,membuat film yang panjangnya lebih dari 2 jam ini enak dilihat dan menarik hingga akhir cerita.

Selain bertindak sebagai aktor, sutradara, penulis skenario, produser, sinematografer, penata musik, departemen artistik, manajemen produksi dan koreografer aksi, Chan juga menjabat sebagai koordinator katering. Hingga Jackie Chan diganjar penghargaan oleh Guinness Book Record.

Dibalik kesuksesan film ini, Chinese Zodiac 12 di Hong Kong sendiri menghadapi pemboikotan. Hal ini terkait pernyataan Jackie Chan sebelumnya yang mengkritik kebebasan berpendapat di Hong Kong, menurutnya, tidak semua hal bisa menjadi alasan dilakukannya protes. Harus ada pembatasan-pembatasan berkenaan dengan aksi protes, seperti regulasi yang mengatur tentang hal-hal apa yang bisa diprotes dan mana yang tidak bisa.

CZ12 yang telah di putar sejak Desember silam, namun tidak berhasil membuat orang Hong Kong berduyun-duyun untuk melihatnya di minggu pertama pemutaran film ini.

Aksi boikot atas Jacky Chan salah satunya dianjurkan oleh Wang Dan, salah seorang aktifis gerakan mahasiswa Cina. Menanggapi aksi ini, Jackie Chan berpendapat bahwa tidak semestinya boikot tersebut. Mengingatr setiap orang bebas berkeyakinan dan berpendapat, sehingga dia juga tidak ingin memaksa orang lain setuju dengan pendapatnya atau tidak, namun setidaknya dia telah menyampaikan pendapatnya.

Jackie Chan memang tidak perlu mengkhawatirkan anjloknya pendapatan film CZ12 di Hong Kong mengingat film ini terbulti meraup keuntungan di Cina dan wilayah Asia Tenggara. Di Cina, dikabarkan mampu meraup $76.5 juta atau tujuh kali lipat dari pendapatan film Cina sepanjang masa. Dengan biaya produksi sekitar $49 juta, penghasilan film saat ini telah meraup untung hingga $113,580 juta.  Penghasilan masih akan naik setelah film ini diedarkan di AS dan Eropa termasuk dalam bentuk blue ray.

Bagi yang mengaku fans berat pria berusia 58 tahun ini, CZ12 akan menjadi penawar rindu dan film ini tetap menghibur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s