Les Miserables, akan menjadi film musikal terbaik tahun ini


Les Miserables (Universal Studio, 2013)
Les Miserables (Universal Studio, 2013)

Novel Les Misirables pertama kali diterbitkan oleh Victor Hugo di tahun 1862, mengambil latar belakang tahun 1815 hingga 1832 saat terjadinya Pemberontakan Bulan Juni, (The June Rebellion) oleh kaum anti monarki yang gagal terhadap kaum Republikan di Paris, dimotori oleh kelompok pelajar, peristiwa ini terjadi pada 5-6 Juni 1832.

Sebagaimana dalam Novelnya, Les Miserables selain berkisah tentang sejarah Prancis, juga menyinggung kehidupan urban di Paris, lengkap dengan desain dan arsitektur di kota yang molek tersebut. Secara sosial, digambarkan bagaimana kondisi masyarakat Paris dalam hal moral, kehidupan keagamaannya, sistem pengadilan, termasuk gerakan anti monarki yang berjung di Pemberontakan bulan Juni tersebut. Novel ini akhirnya menjadi novel terbaik di abad XIX.

les-miserables-poster03Salah satu adaptasi dari novel tersebut yang meledak dan menjadi box office, adalah dalam bentuk drama musikal di tahun 1980 oleh Alain Boublil dan Claude-Michel Schönberg. Adaptasi drama musikal inilah yang kemudian diangkat kembali oleh sutradara peraih Oscar, Tom Hooper dengan bintang-bintang papan atas sebagai pemeran utamanya, seperti Hugh Jackman, pemenang Oscar Russell Crowe, Anne Hathaway dan Amanda Seyfried. Les Miserables, tayang  perdana pada Hari Natal 2012 di Amerika Serikat dan akan di rilis umum mulai di Inggris dari 11 Januari 2013.

Sederet pemain utama berkilauan akan didukung oleh orang-orang seperti Eddie Redmayne, Aaron Tveit, Barks Samantha, Helena Bonham Carter dan Sacha Baron Cohen, dan dengan tim di belakang layar yang kuat yang dipimpin oleh Tom Hooper, yang meraih Oscar lewat King’s Speech.

Hooper cukup berhasil menterjemahkan dan membangun kembali cerita Les Miserables dengan set yang rinci sehingga terkesan boros, termasuk soal kostum yang sanggup menghidupkan kembali Prancis di akhir abad XIX. Karya epik ini semakin spektakuler dengan sajian musikalitas sepanjang lebih dari 2 jam lamanya. Bisa jadi ini merupakan karya Tom Hooper terbaik hingga kini.

Kisah dalam Les Miserables menceritakan jalinan cinta dan kasih sayang mantan tahanan Jean Valjean (yang diperankan oleh Hugh Jackman) melanggar masa percobaannya  akhirnya diburu selama puluhan tahun oleh polisi yang tegas Javert ( diperankan oleh Russel Crowe). Peristiwa kematian salah satu bekas buruh di pabriknya Valjean bernama Fantine ( diperankan oleh Anna Hathaway) membuat Valjean seperti menemukan kembali makna hidupnya dengan mengasuj anak mendiang yang bernama Cosette. Cosette yang beranjak dewasa bertemu dengan Marius, seorang pelajar yang kemudian bergabung dalam aksi anti monarki, dan berujung di pemberontakan bulan Juni tersebut.

Les Miserables
Les Miserables

Film musikal ini seperti mengangkat panggung opera dalam dimensi penyajian lain di layar lebar. Dengan lagu-lagu ikonik seperti “I Dreamed a Dream,” “Brings Him Home,” “One Day More” dan “On My Own”, maka akan tersaji suara-suara para bintang tersebut, Anne Hathaway merendisi “I Dreamed a Dream” untuk perannya sebagai Fantine yang sangat menyentuh.

Les Miserables akhirnya akan menjadi salah satu film fenomenal di tahun ini, dan layak untuk disaksikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s