Bursa AS berakhir menguat, Indek S&P 500 tertinggi dalam 5 tahun ini


Bursa Saham AS di minggu pertama Januari 2013, berakhir menguat tajam, bahkan indek S&P 500 mampu mencatat kenaikannya yang paling tinggi dalam lima tahun ini  setelah Kongres AS memutuskan anggaran yang krusial serta dorongan data ekonomi AS yang menunjukkan bahwa perekonomian mereka masih berjuang dan membaik dengan penambahan lapangan kerja secara perlahan.

Indek S&P 500 naik sebanyak 7.10 poin atau 0.5%, ke 1,466.47, yang menjadi level penutupan  tertinggi semenjak 31 Desember 2007. Selama sepekan, Indek S&P 500 juga mencatat kenaikan yang signifikan sebesar 4.6%, menjadi pekan dengan prosentase perdagangan terbesar sejak 2 Desember 2011. Resolusi mengenai Jurang Fiskal yang tercapai telah menjadi roket pendorong kenaikan bursa saham.

Meski masih dibawah ekspektasi, namun data ekonomi AS yang menyatakan kenaikan lapangan kerja juga memberikan kontribusi bagi kenaikan pasar saham AS. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan adanya kenaikan pekerjaan sebanyak 155,000 dibulan Desember, dibawah perkiraan yang menghendaki adanya 160,000 pekerjaan. Data lapangan kerja di bulan November juga mengalami perbaikan dari kenaikan sebesar 7.7% menjadi 7.8%.

Secara terpisah, data ekonomi lainya yang diterbitkan oleh Institute for Supply Management menyatakan bahwa indek sector jasa juga mengalami akselerasi dari 54.7% dibulan November menjadi 56.1% di bulan Desember.

Saham-saham yang menguat di bursa S&P 500 berasal dari sector keuangan dan sumber daya alam, sementara sector teknologi informasi menjadi yang paling berat mengalami kenaikan dari 10 sektor yang ada di bursa.

Indek bursa Nasdaq juga berakhir menguat sebesar 1.09 points, atau 0.04%, ke level 3,101.66, dimana saham produsen  iPhone , Apple Inc.turun sebesar 2.8% menjadikan sumber penekan indek bursa Nasdaq. Selama sepekan ini, Indek bursa Nasdaq mampu naik sebanyak 4.8%.

Indek Dow Jones naik sebesar 43.85 poin atau 0.3%, ke 13,435.21, dimana hanya enam dari tiga puluh emiten yang mengalami penurunan. Saham Alcoa Inc.naik sebesar 2.1%, menjadi emiten yang paling banyak kenaikannya, setelah perusahaan tersebut melakukan paparan public untuk laporan keuangan kuartal empatnya.

Pada hari Kamis, melalui drama perundingan pungutan suara selama 11 jam, akhirnya Kongres AS putuskan legeslasi anggaran yang diharapkan bisa menjauhkanAS dari jurang fiscal,  setidaknya dalam jangka waktu dekat ini dengan menaikkan pajak dalam porsi yang kecil atas rakyat AS yang lebih makmur dan menambahkan keuntungan – keuntungan bagi para pengangguran. Kesepakatan di Washington ini mampu memberikan kepercayaan Investor dan mendorong kenaikan bursa. Kongres juga menyetujui batasan hutang pemerintah bisa mencapai $16.4 trilyun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s