Kesepakatan akan Jurang Fiskal, kembalikan kepercayaan Investor


Oil Industries

Harga Minyak naik, kesepakatan Jurang Fiskal legakan pasar. Harga minyak mentah naik lebih dari 1 persen dalam perdagangan di bursa berjangka pada hari Rabu (02/01) dimana kenaikan ini didukung sentiment atas keberhasilan para pengambil kebijakan di AS dalam mencapai kesepakatan mengenai penyelamatan AS dari Jurang Fiskal melalui pemangkasan milyaran anggaran dan kenaikan pajak.

Harga minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Februari mengalami kenaikan $1.30, atau 1.4%, berakhir di harga $93.12 per barel di bursa New York Mercantile Exchange. Saat ini terlihat bahwa investor lebih berani mengambil resiko dimana sesuai dengan keyakinan mereka bahwa perekonomian AS cenderung membaik dan mendorong kenaikan harga minyak mentah.

Sebelumnya, harga minyak mentah tertekan dengan berbagai spekulasi akan kemungkinan kesepakatan antara pemerintah AS dengan lembaga Legeslatif dalam menjauhkan AS dari Jurang Fiskal. Dengan kemajuan yang dicapai di Washington saat ini, Investor kembali kepercayaan dirinya. Antusias investor terlihat bahkan mampu mendorong harga minyak mentah hingga ke $93.87 dalam perdagangan kali ini.

Harga minyak mentah mulai menapak naik setelah Senate dan House of Representatives on pada Selasa kemarin mencapai kesepakatan untuk menghindarkan AS dari jurang fiscal dengan melakukan serangkaian kebijakan yang diharapkan bisa mengurangi efek jurang fiscal mulai 2013 ini, dimana diyakini secara mayoritas akan membawa AS dalam jurang resesi kembali.

Kesepakatan yang dicapai antara lain adalah pajak yang dikenakan bagi perorangan dengan pendapatan diatas $400,000 dan pasangan dengan pendapatan diatas $450,000, meningkatkan keuntungan-keuntungan bagi para pengangguran, dan menunda pemangkasan anggaran dalam dua bulan kedepan. Kekhawatiran pasar yang membayangi perdagangan selama beberapa bulan ini mereda dengan kesepakatan ini. Hal ini juga membuat kenaikan bagi bursa saham lainnya.

Data ekonomi Cina yang menunjukkan kegiatan manufaktur mereka di bulan Desember yang masih diangka 50.6 menjadikan pasar optimis. Dengan angka diatas 50 maka diyakini masih ada pertumbuhan dan perkembangan aktifitas manufaktur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s