Harga Emas melejit, kepercayaan pasar pulih dengan kesepakatan Jurang Fiskal


EMAS600pxHarga komoditi emas dalam perdagangan berjangka di hari Rabu (02/01) berakhir naik, dimana para investor membeli komoditi-komoditi dan saham-saham juga naik setelah Kongress mencapai kesepakatan mengenai upaya menghindarkan AS dari masalah Jurang Fiskal.

Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Februari berakhir naik $13, atau 0.8%, ke harga $1,688.80 per ons di bursa New York Mercantile Exchange, setelah sempat menyentuh ke harga of $1,695.40.

Kompromi yang tercapai di Washington berkenaan dengan kenaikan langsung milyaran pajak dan pemangkasan anggaran, meski tidak semuanya bisa sesuai. Berbagai sisa permasalahan yang mengganjal dianggap pasar menjadi pendorong bagi kenaikan harga emas, meski kompromi yang terjadi bisa memberatkan pasar untuk menaikkan harga lebih lanjut.

Investor kembali berani mengambil resiko, setidaknya tercermin dari kenaikan indek bursa S&P 500 yang naik 1.8% hingga pertengahan perdagangan hari ini. Kenaikan harga komoditi termasuk emas berjalan beriringan dengan kenaikan yang terjadi indek bursa, paska kesepakatan yang terjadi di Washington.

Kesepakatan yang dicapai antara lain adalah pajak yang dikenakan bagi perorangan dengan pendapatan diatas $400,000 dan pasangan dengan pendapatan diatas $450,000, meningkatkan keuntungan-keuntungan bagi para pengangguran, dan menunda pemangkasan anggaran dalam dua bulan kedepan. Kekhawatiran pasar yang membayangi perdagangan selama beberapa bulan ini mereda dengan kesepakatan ini. Hal ini juga membuat kenaikan bagi bursa saham lainnya.

Meski hasil kesepakatan ini bisa menghindarkan AS dari pemasalahan Jurang Fiskal, pun demikian berbagai permasalahan yang ditinggalkannya juga belum memuaskan seperti tingkat hutang yang selangit dan penundaan pemangkasan anggaran belanja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s