Honda DBL 2013 Jangkau 25 Kota, Kupang Kota Penyelenggara Baru


DBL 2013 - Presscon
Musim baru liga basket pelajar SMA terbesar di Indonesia, Honda Development Basketball League (DBL) 2013 akan kembali bergulir. Liga basket yang mengusung konsep student athlete ini akan menjangkau lebih banyak kota dan provinsi di Indonesia pada musim kompetisi 2013.
Kompetisi yang terselenggara berkat kolaborasi antara PT. Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia bersama PT. Astra Honda Motor (AHM) dan sejumlah partner pendukung lain ini akan digulirkan di 25 kota, di 22 provinsi, di berbagai penjuru Indonesia. Kota baru untuk 2013 adalah Kupang di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Banyak potensi yang dimiliki pelajar di ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut, khususnya cabang olahraga basket. Namun, potensi itu belum tergarap dengan maksimal. Padahal, pada era 1970-an hingga 1980-an, Kupang dikenal sebagai gudangnya pebasket hebat. Cabang olahraga ini digandrungi banyak anak muda kala itu. Bahkan, banyak pemain berbakat yang muncul kala itu. Sebut saja, George Lee, Teuku Dahit, Leo Nisnoni, Joni Lee, dan Saul Therik. Beberapa nama sempat pula menjadi pilar utama di Timnas Basket Indonesia untuk tampil pada Asian Games 1962 di Jakarta.

Digelarnya Honda DBL 2013 di Kupang diharapkan mampu membangkitkan kembali gairah dan potensi basket, terutama di kalangan pelajar.

”Impian kami adalah menyelenggarakan kompetisi pelajar ini di seluruh provinsi di Indonesia. Setiap tahun, kami menambah kota dan provinsi baru. Selama ini, mungkin tidak banyak penyelenggara tingkat nasional yang mau menggelar even di Kupang. Pada 2013, kami ingin terus membuktikan bahwa semua daerah punya potensi untuk menggelar even terheboh,” kata Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia sekaligus commissioner DBL dalam acara welcoming Honda DBL 2013 di XXI Club Djakarta Theatre, Senin (17/12).

Terpilihnya Kupang sebagai kota penyelenggara baru Honda DBL 2013 disambut antusias oleh para insan basket di kota yang dihuni 450.000 jiwa ini.

”Kami tentu menyambut positif kompetisi ini (Honda DBL 2013). Semoga dapat menggairahkan kembali spirit basket yang sudah lama mati suri. Tak hanya di Kupang, melainkan di Nusa Tenggara Timur pada umumnya,” terang Jerry Manafe, mantan Ketua Pengprov Perbasi Nusa Tenggara Timur.

Hal senada juga diutarakan General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT. AHM, Agustinus Indraputra. Diselenggarakannya Honda DBL 2013 yang menjangkau 25 kota dan 22 Provinsi di Indonesia dinilai mampu untuk terus memperkuat image Honda sebagai motor anak muda.

”Sejak tahun 2008 hingga sekarang, kami melihat jumlah peserta dan animo penonton Honda DBL menunjukkan tren yang terus meningkat. Kami pun berkomitmen untuk menambah kota penyelenggara dan ikut meningkatkan potensi anak muda di Indonesia melalui olahraga basket,” ucap Agustinus.

Liga ini benar-benar merupakan yang terbesar di Indonesia. Musim 2012 kemarin, even ini diselenggarakan di 24 kota, 22 provinsi. Diikuti lebih dari 1.153 tim dan 24.554 peserta. Total penonton pada 2012 mencapai 616.052 orang.

Gong pembuka Honda DBL 2013 akan dimulai di Bali mulai 18 Januari 2013. Opening party bakal dilangsungkan di GOR Purna Krida Kerobokan Badung, Bali. Setelah itu, rangkaian panjang Honda DBL 2013 secara berturut-turut berlanjut di 24 kota lain di Indonesia.

Jadwal lengkap, venue, dan waktu pelaksanaan Honda DBL 2013 terlampir. Informasi lain bisa didapatkan di situs resmi liga, http://www.dblindonesia.com.(HQEEM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s