Pernyataan Dudley, dorong emas makin naik hingga awal 2013


Harga emas naik, salah satunya karena faktor pernyataan Gubernur Bank Sentral AS wilayah New York, William Dudley pada Kamis (29/11).

Dudley menyatakan bahwa tingkat pengangguran AS saat ini dalam posisi sangat tinggi sehingga mau tidak mau, Bank Sentral AS, The Federal Reserve harus melanjutkan kebijakan kuantitatif dengan melakukan pembelian obligasi setidaknya hingga tahun 2013.

Dampak penyataan Dudley ini terasa hingga perdagangan kini, kepercayaan investor menguat denganm asumsi jika hal itu benar maka Dolar masih akan tertekan dan hal ini membuat Emas tidak hanya sebagai komoditas yang lebih kompetitif dengan melemahnya Dolar akan semakin menarik, namuan sebagai safe haven juga akan diperlukan investor untuk mengamankan investasinya.

Fakta bahwa sejauh ini terjadi kemajuan dalam pembicaraan untuk melakukan kebijakan fiskal di tahun depan dengan memangkas anggaran serta menaikkan pajak antara Presiden Barack Obama dengan Legeslatif, membuat Dolar makin terlihat akan melemah di tahun depan. Setidaknya sejak awal tahun depan, harga emas memiliki pijakan yang kokoh untuk naik.

Juru Bicara Senat, John Boehner dan Presiden Barack Obama menyatakan optimisme mereka akan kesepakatan yang akan mereka capai, pun demikian secara substansial Boehner menegaskan bawha belum ada kemajuan lagi dalam pemerintahan Obama.

Indek Dolar AS bergerak menurun hingga ke 80.214, dari sebelumnya di 80.262, sempat jatuh hingga ke 80.021.

Apapun yang akan diambil oleh pemerintah AS, hasilnya akan menjadi sentiment positif bagi kenaikan harga emas. Untuk jangka waktu yang lama emas masih akan naik, hutang AS yang meroket, membuat makin banyak rakyat AS menggantungkan hidupnya pada bantaun-bantuan pemerintah. Suku bunga AS masih rendah ditambah dengan krisis geopolitik di Timur Tengah dan Krisis Eropa maka membuat harga emas naik. Hal ini diyakini masih akan bertahan cukup lama.

Oleh karena itu, tak heran beberapa investor memanfaatkan angin segar ini dengan melakukan aksi beli kembali. Dari keterpurukannya Emas sudah bangkit setidaknya $20, dan hingga akhir tahun ini dan awal 2013 diyakini emas masih akan melanjutkan tren kenaikan harganya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s