Harga minyak naik dengan melemahnya Dolar AS


Akhir perdagangan minggu ini, Minyak mentah mengalami kenaikan harga seiring dengan melemahnya Dolar AS yang membuat harga-harga komoditi mengalami lonjakan naik.

Untuk harga minyak mentah bulan Januari, naik sebesar 90 sen atau sebesar 1%, berakhir di harga $88.28 per barel di bursa New York Mercantile Exchange. Sepanjang minggu ini, harga minyak mentah naik 1.6%, yang menjadi kinerja mingguan terbaiknya semenjak 12 Oktober.

Bursa saham AS mengalami kenaikan di akhir perdagangan minggu ini dengan naik lebih dari 100 poin. Hal ini juga memberikan kontribusi dorongan kenaikan harga minyak mentah. Harga minyak mentah yang diawal perdagangan menurun dengan kabar gencatan senjata antara Israel dan Hamas, kemudian berbalik dan berakhir menguat.

Harga-harga komoditi umumnya menguat di akhir pekan ini, setelah libur di hari Kamis untuk Thanksgiving. Pada perdagangan hari Rabu, harga minyak naik 63 ke harga $87.38 per barel.

Meski demikian, Volume perdagangan masih tipis. Pelaku pasar nampak masih kurang antusias dan menikmati hari-hari yang lebih tenang setelah kenaikan Euro dan dukungan pasar saham.

Indek Dolar AS menurun ke 80.270, dari sebelumnya di 80.704. Melemahnya Dolar AS menjadi biang kenaikan harga minyak mentah saat ini.

Selain itu, pasar juga menilai beberapa sentiment internasional memberikan pengaruhnya. Data ekonomi Eropa, menyatakan bahwa Indek bisnis di Jerman mengalami kenaikan dari 100 di bulan Oktober menjadi 101.4 di bulan November. Demikian data yang dirilis Ifo Institute. Angka ini melampui perkiraan sebelumnya.

Data awal yang diterbitkan oleh HSBC menyatakan bahwa aktifitas manufaktur Cina mengalami kenaikan dibulan November ini, dimana hal ini merupakan kenaikan yang pertama dari rentang waktu lebih satu tahun ini. HSBC menyatakan Indek Manufaktur Cina naik diatas 50.4.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s