Kerjasama Strategis IBM dan Bank Ekonomi Untuk Mendukung Efisiensi Bisnis


Infrastruktur baru berbasis Server Power Systems (SPS) dan penyimpanan kelas Enterprise dari IBM telah memungkinkan Bank Ekonomi untuk melayani basis nasabahnya.

IBM mengumumkan hari Kamis (22/11) kerja samanya dengan Bank Ekonomi Raharja dalam mengimplementasi server IBM Power Systems dan produk IBM System Storage DS8700 kelas enterprise dalam mempercanggih sistem perbankan intinya. Bank milik HSBC ini juga memiliki infrastruktur baru yang dapat membantu merampingkan proses bisnisnya dan memperluas layanannya guna memenuhi kebutuhan nasabahnya yang berkembang pesat.
Indonesia, dengan populasi yang diestimasikan mencapai 240 juta jiwa, adalah negara berpenduduk terpadat keempat di dunia dan merupakan perekonomian yang pertumbuhannya tercepat di Asia. Bank Ekonomi, yang diakuisisi HSBC Holdings pada tahun 2009, awal tahun ini menjalin kerjasama dengan IBM untuk membangun sebuah infrastruktur yang fleksibel dan berperforma tinggi guna memenuhi kebutuhannya yang berubah-ubah.

“Bank Ekonomi menyadari bahwa teknologi berperan penting dalam mentransformasikan kegiatan operasi Bank Ekonomi dan mendukung pertumbuhan,” tutur Endy Abdurrahman, Direktur Credit and Operational Risk Bank Ekonomi.

“Peningkatan besar terhadap infrastruktur TI kami ini akan meningkatkan performa bisnis kami, yang pada akhirnya akan membantu kami menyediakan layanan nasabah yang canggih dan mematuhi peraturan yang ada. Secara khusus, kemampuan IBM Power Systems dan produk penyimpanan kelas enterprise DS8700 sangat mendukung rencana pertumbuhan kami dan membantu kami meningkatkan efisiensi dan layanan nasabah.”
IBM memperkokoh kehadirannya di Indonesia dengan enam kantor cabangnya, termasuk kantor cabang terbarunya di Balikpapan.

Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia mengatakan, “Infrastruktur yang baru ini memungkinkan Bank Ekonomi untuk menyempurnakan akses ke layanan keuangan yang diberikan kepada nasabah korporat dan bisnisnya, serta menyediakan layanan inovatif, seperti perbankan online dan mobile, di daerah-daerah terpencil di Indonesia, termasuk penduduk yang selama ini belum terjangkau.”

Sesuai kesepakatan yang ditandatangani antara IBM dan Bank Ekonomi, IBM menyediakan dan mengimplementasikan sebuah solusi yang terdiri dari sistem IBM Power 770 dan Power 750, selain sistem penyimpanan kelas enterprise DS8700 dan i-HA clustering; yang pertama kali diimplementasikan di Indonesia. Solusi ini dirancang untuk memastikan aplikasi perbankan inti Bank Ekonomi yang baru – terdapat di sistem HSBC Universal Banking (HUB) – memiliki  tingkat ketersediaan yang tinggi, sehingga memungkinkan Bank Ekonomi untuk memenuhi beban kerjanya saat ini serta mengantisipasi pertumbuhan dan perluasan di waktu mendatang, selain meningkatkan produktifitas internalnya.

IBM Power Systems dirancang untuk mengelola aplikasi baru yang paling memusingkan, termasuk analitik bisnis dan pemrosesan transaksi jenis baru, dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang unik untuk memenuhi kebutuhan aplikasi dan layanan baru yang khusus dan mengandalkan transaksi maupun data dalam jumlah besar, selain menganalisa informasi secara real time.

Di samping itu, sistem-sistem ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola aplikasi dan layanan yang ada secara lebih hemat biaya dengan terobosan teknologi di bidang virtualisasi, penghematan energi, penggunaan memori  yang lebih hemat biaya dan rasio harga-performa yang lebih baik.

DS8700 Enterprise Storage dengan pengimplementasian i-HA menawarkan arsitektur penyimpanan yang sangat skalabel dan kebal virus dengan reputasi ketangguhan bisnis yang telah terbukti di industri perbankan dunia. Ketersediaan IBM® i yang tinggi dapat mengurangi dampak kehilangan pendapatan karena terganggunya akses ke data dan aplikasi bisnis penting terhadap Bank Ekonomi dan penggunanya, kapanpun mereka membutuhkan sistem atau data secara offline untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan, seperti backup setiap malam atau pemasangan perangkat keras atau piranti lunak baru. Solusi ini juga menyediakan perlindungan dari kerusakan tidak terduga sebagai akibat kesalahan manusia, masalah piranti lunak, kegagalan perangkat keras dan masalah lingkungan hidup, penyeimbangan muatan, dengan memindahkan pekerjaan ke sumber daya yang tersedia dan memiliki kemampuan pemulihan bencana

Berdiri sejak 1989,  Bank Ekonomi yang berpusat di Jakarta sampai dengan 9 September 2012 telah memiliki 97 kantor cabang di 29 kota di berbagai wilayah Indonesia, yang didukung oleh lebih dari 2.600 karyawan. Penerima Service to Care Award 2012 dan 10 Best Bank Service Excellence 2012 ini telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan sampai dengan 31 Desember 2011, 98,94% sahamnya dimiliki oleh HSBC Asia Pacific Holdings (UK) Limited selaku anak perusahaan dari HSBC Holdings Plc. Sebagai anggota Grup HSBC, Bank Ekonomi merupakan bagian dari salah satu organisasi jasa keuangan terkuat di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s