Harga emas naik hampir $20, pasar makin optimis AS jauhi jurang fiskal


Harga emas berakhir naik di perdagangan Senin (19/11) atas rasa optimisme pasar bahwa upaya-upaya untuk menjauhi AS dari jurang fiskal akan membuat Dolar AS sendiri melemah dan mendorong Emas sebagai safe haven makin bersinar.

Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Desember berakhir naik $19.70, atau sebesar 1.2%, berakhir di harga $1,734.40 per ons dibursa Comex – New York Mercantile Exchange, sempat mencapai $1,735.50. Harga penutupan ini merupakan yang paling tinggi sejak 18 Oktober silam.

Melemahnya Dolar AS membuat emas makin menarik investor, dimana harga komoditi ini dianggap lebih murah bagi investor dengan denominasi bukan dolar. Waktu sudah berubah, kemajuan yang terjadi di Capitol Hill tetam memberikan ruang dorong harga emas naik.

Sebelumnya, harga emas bergerak fluktuatif dengan berbagai upaya-upaya persetujuan antara pimpinan politik di AS guna menghindari jurang fiskal AS. Bagaimanapun juga, jurang ini akan menyeret kembali AS kedalam resesi ekonomi. Emas yang turun dengan menguatnya Dolar AS sebelumnya, telah mengambil alih posisi dan makin menguat saat ini.

Posisi emas sebagai pengaman investasi ditengah ketidak pastian kondisi ekonomi saat ini dimainkan dengan baik. Hingga setidaknya tercapai suatu kejelasan yang baik antara pihak Demokrat dan Republik untuk menghindari jurang fiskal, maka Emas akan cenderung naik.

Disisi lain, konflik Israel Palestina juga memberikan kontribusi kenaikan harga emas. Pun demikian, perlu dicermati libur panjang akhir pekan depan saat libur thanks giving, pasar bisa sepi dan sebagian investor menarik diri.

Para pemain pasar emas nampak terus mengamati perkembangan di Jepang, dimana berbagai isu terbaru mengarah pada menguatnya bursa saham Jepang dan memperlemah Yen Jepang. Kebijakan moneter Jepang yang terlihat cenderung melonggar akan membuat Yen melemah.

Data ekonomi di hari Senin ini kurang berdampak di perdagangan emas hari ini. Penjualan rumah yang ada di AS berdasarkan data National Association of Realtors naik sebesar 2.1% dibulan Oktober atau naik sebesar 4.79 juta, tidak terpaut jauh dari perkiraan awal sebesar 4.8 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s