Awasi gerak-gerik Bank of Japan, Abe isyaratkan sejumlah perubahan


Tekanan yang mendera Bank of Japan indikasikan bahwa mereka akan mengeluarkan kebijakan kuantitatif lanjutan setidaknya pada akhir pekan ini.

Indikasi ini terlihat setelah pihak oposisi pimpinan Shinzo Abe, berpeluang besar menjadi Perdana Menteri Jepang selanjutnya. Abe sejauh ini telah meminta pihak Bank Sentral Jepang untuk melakukan pembayaran obligasi-oblgasi infrstruktur.

Abe, ketua dari Partai Liberal Demokrat, (Liberal Democratic Party, LDP) menyatakan hari Sabtu bahwa dia akan mengubah beberapa hal yang memberikan tekanan bagi Bank of Japan untuk melakukan pembayaran obligasi pemerintah jika partai mereka memenangkan pemilihan 16 Desember nanti.

Abe juga meminta Bank Sentral untuk mematok target inflasi sebesar 3% dan menginginkan perubahan di mandat yang diemban Bank Sentral guna memenuhi target inflasi tersebut.

Lebih jauh lagi, Abe mengisyaratkan penunjukkan Gubernur Bank Sentral Jepang nantinya akan bersikap lebih lunak paska berakhirnya masa jabatan Masaaki Shirakawa pada akhir Maret ini.

Bank Sentral Jepang dijadwalkan akan melakukan pertemuan dua hari guna membahas mengenai kebijakan moneter. Diperkirakan kebijakan yang akan diambil nantinya lebih cenderung melonggar. Para investor yang menyukai resiko, siap-siap kecewa dengan kebijakan Bank Sentral yang akan lebih lunak. Keputusan Bank of Japan paska pertemuan dua hari ini akan menjadi keputusan yang pertama setelah Oktober kemarin mereka mengeluarkan kebijakan mengenai upaya menanggulangi deflasi.

Spekulasi lainnya, adalah independensi Bank Sentral Jepang dinilai berkurang, mengingat tekanan-tekanan politis lebih mengemuka dalam keputusan-keputusan Bank Sentral tersebut. Kenaikan bursa saham Jepang saat ini dibarengi dengan menurunnya Obligasi pemerintah dan melemahnya Yen. Hal ini bagi sebagian pihak dibaca sebagai “Jualan Abe”, dan para investor yakin bahwa kemenangan LDP akan semakin memantapkan arah tersebut.

Kepercayaan pasar juga bisa berubah,  melihat sepak terjang yang dilakukan Abe. Bagi pasar, apa yang dilakukan oleh Abe adalah sesuatu yang tidak realistis. Sebagian kecil  investor akan menarik perhatian mereka kepada upaya pembatasan-pembatasan sepak terjang Abe dalam “Jualan Abe” ini.

Sebagian pelaku pasar lain, memberikan kepercayaan pada apa yang akan dilakukan oleh Abe. Upaya yang akan dilakukan oleh Abe akan mendorong kenaikan bursa saham, dan sebagian pialang sudah mulai melakukan aksi belinya. Keyakinan mereka akan semakin kuat dengan potensi kebijakan moneter yang melunak dan melemahnya Yen.

Pihak Bank of Japan memang menginginkan adanya restrukturisasi ekonomi guba menyikapi jatuhynya pertumbuhan ekspor dan mengurangi ketergantungan terhadap sektor jasa. Tekanan-tekanan yang mendera ke Bank of Japan akan semakin menjauhkan mereka dari upaya melakukan agenda reformasi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s