JUDGE DREDD


Dredd merupakan film aksi fiksi ilmiah yang dirilis 2012 ini dari tangan sang sutradara Pete Travis, dengan skenario dan di produseri oleh Alex Garland. Diproduksi bersama oleh rumah produksi dari Inggris dan Afrika Selatan berdasarkan cerita dari komik strip Judge Dredd karya John Wagner dan Carlos Ezquerra.

 

Karl Urban memerankan Hakim Dredd, seorang penegak hukum, aparat sekaligus jaksa dan eksekutor di kota yang sangat padat penduduknya, 800 juta yang disebut Mega-City One – yang dikatakan sebagai kota yang dibangun paska bencana limbah global. Seorang hakim muda yang sedang dalam masa percobaan yaitu Hakim Anderson (Olivia Thirlby), ditugaskan kepada Dredd untuk membimbing dan mengevaluasi Hakim muda ini. Kedua hakim ini kemudian merespon sebuah lapoan criminal di sebuah Tower setinggi 200 lantai yang dikuasai Pengedar narkotika berjuluk Ma-Ma (Lena Headey).

 

Garland memulai menulis scenario film ini diawal 2006, meski pengembangan film ini baru diumukan di Desember 2008. Garland memang memang menegaskan bahwa film Judge Dredd ini tidak berhubungan dengan film yang pernah di rilis pada 1995. Secara prinsip, pengambilan gambar mulai dilakukan di November 2010, dimana diperkirakan menghabiskan anggaran produksi US$45 juta.  Pengambilan gambar dilakukan langsung menggunakan kamera 3D termasuk di lokasi lapangan yang diambil di kota Cape Town dan Johannesburg, Afrika Selatan.

 

Dredd diluncurkan pertama kali pada 7 September 2012 di Inggris dan pada 21 September 2012 diseluruh dunia.  Film ini sangat baik, termasuk penggunana special efek, pemeran dan juga aksi laganya. Minusnya adalah banyaknya adegan yang dianggap terlalu keras dan vulgar. Hingga 3 Oktober 2012, film ini dianggap masih meraup pendapatan $20 juta dolar.

 

Dikisahkan bahwa dimasa yang akan datang, daratan Amerika Serikat sudah tidak bisa didiami akibat limbah beracun. Didirikanlah kota di belahan Amerika Utara yang bernama Mega City One, dengan pupulasi mencapai 800 juta jiwa (bandingkan dengan Jakarta hari ini sekitar 12 juta) dimana setiap hari ada laporan kriminal sebanyak 17 ribuan.

 

Salah satu laporan kriminal yang masuk adalah mengenai peredaran narkotika jenis baru, Slo-Mo, yang bisa membuat penggunanya bisa mempersepsikan waktu hingga hanya 1% dari waktu normal. Dijaman yang serba kacau tersebut, penegak hukum hanya satu lembaga, yaitu Departemen Kehakiman, dimana para hakim (Judge) juga bertindak sebagai penyidik, penuntut dan penghukum sekaligus. Adalah Hakim Dredd yang ditugaskan untuk menjadi mentor bagi Hakim muda Anderson, yang juga memiliki kemampuan membaca batin.

 

Penyelidikan mengenai Slo-Mo ini, terkuat saat mereka berdua menyelidiki mayat di blok apartemen 200 lantai, Peach Trees, dimana kartel obat bius Madeline Madrigal, atau Ma-Ma, menguasai apartemen tersebut. Penyelidikan awal yang mengarah pada penangkapan seoarang tangan kanan Ma-Ma, bernama Kay, menjadi pemicu aksi Ma Ma untuk tidak membiarkan kedua hakim ini keluar dari Blok Apartemen tersebut hidup-hidup.

 

Perintah Ma-Ma tersebut membuat Blok Apartemen yang sudah di kunci otomatis ini menjadi medan pertempuran dua hakim tersebut untuk bisa selamat. Anak buah Ma Ma dan juga para anggota geng yang loyal terhadap Ma Ma mencoba menangkap kedua hakim ini.

 

Upaya menyelematkan diri dari anak buah Ma Ma semakin sulit manakala ada Hakim yang juga membantu Ma Ma untuk melenyapkan Hakim Dreed dan Anderson.

 

Film berdurasi 95 menit ini memang banyak adegan tembak-tembakan, dengan gambar yang surealis maka membuat film ini ringan untuk ditonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s