END OF WATCH


End of Watch, menggabungkan teknik gaya film dokumenter amatir sehingga menghasilkan efek lebih dramatis. Seperti melihat film dalam versi ala Youtube.

Nominator Academy Award Jake Gyllenhaal dan Michael Pena memerankan petugas polisi muda di Los Angeles sebagai Taylor dan Zavala dimana keduanya merupakan pasangan petugas polisi patroli jalanan di jantung kota selatan Los Angeles. Dalam film ini terlihat titik-titik rawan kejahatan kota Los Angeles dimana sebagai petugas polisi, akan menghadapi resiko hingga nyawa taruhannya setiap hari bahkan terkadang resiko tersebut juga berdampak bagi keluarganya juga.

Dalam mengemban tugas sebagaimana sumpah mereka, untuk melindungi dan melayani kedua polisi ini, Brian Taylor (Jake Gyllenhaal) dan Mike Zavala (Michael Pena) membuat ikatan persaudaraan dan berjanji untuk saling melindungi demi bisa menjamin mereka untuk bisa pulang di akhir jam kerja mereka, END OF WATCH.Jaminan keselamatan mereka adalah tidak ada jaminan apa pun saat mereka berpatroli di jalanan Los Angeles. Hari-hari mereka yang berusaha di dikumentasikan oleh Bryan melalui kamera amatir saat menjalankan tugas membuat kita seperti ikut larut dalam mobil patroli mereka.

Sambil menunggu panggilan, terkadang diisi dengan berbagai humor dan cerita-cerita keluarga. Mike yang sudah berkeluarga dan tengah menanti anak pertama mereka, sering memberikan nasehat pada Bryan yang masih lajang.

Hingga suatu saat, aksi-aksi mereka yang dianggap heroik ini justru semakin membahayakan nyawa mereka secara tidak langsung. Ulah mereka dianggap menimbulkan ganguan bagi kartel Narkotik asal  Meksiko, dan akhirnya perintah untuk melennyapkan kedua polisi ini meluncur dari sang kartel.

Kedua opsir ini menggangap biasa saja ancaman bagi mereka yang tersiar di kalangan bawah tanah kriminal Los Angeles. Hingga sebuah plot penjebakan atas mereka untuk menghabisi keduanya dilakukan geng Meksiko.

End of Watch, sedianya sebuah catatan akhir dalam sebuah laporan kegiatan petugas polisi saat selesai jam kerjanya. Seorang polisi harus mengisi buku laporan kegiatan mereka dan di akhir laporan ditulis “EOW – End of Watch. Berbagai pengalaman dalam hidupnya memberikan kontribusi kedalam ceritanya. Tak diragukan lagi, bagaimana kuatnya cerita yang dia bangun sebagaimana dalam skenario film Training Day, kemudian SWAT dan Street Kings.

Beranjak dari inilah David Ayer, sang sutradara sekaligus penulis skenario cerita ini membangun jalinan kisah dalam film ini dari apayang dia lihat dan amati sebagai orang yang besar juga di jalanan selatan Los Angeles.  Berbagai aksi mereka  yang terekam dalam kamera tangan, kamera mobil, dan kamera intai lainnya mampu menangkap gambaran kondisi jalanan Los Angeles lebih baik. Tak dipungkiri, realitas ini membuat film ini lebih enak ditonton.

END OF WATCH
Tanggal rilis di AS : 21 September 2012
Studio: Open Road Films
Sutradara dan Skenario : David Ayer
Pemain: Jake Gyllenhaal, Michael Pena, Anna Kendrick, Frank Gillo, America Ferrera
Jenis Film : Drama,Kriminal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s