Lacker: Perekonomian AS akan mulai bangkit tahun depan


Perekonomian AS diyakini akan mulai bangkit ditahun depan dan terus meningkat, demikian dikatakan oleh Jeffrey Lacker, Gubernur Bank Sentral AS wilayah Richmond  pada hari Jumat (12/10).

Lacker menambahkan bahwa dampak dari resesi Eropa bagi perekonomian AS akan mulai berkurang di tahun yang akan datang. Hal ini didasarkan kemajuan yang akan dicapai dari para pemimpin Eropa yang diyakini Lecker akan mulai melakukan perubahan-perubahan kebijakan bagi terciptanya sebuah rezim keuangan baru.

Disisi lain, menurutnya dengan kemajuan pasar tenaga kerja AS yang membaik, akan meningkatkan kepercayaan konsumen AS dan pada akhirnya akan mendorong kembali naiknya tingkat konsumsi.

Gubernur Bank Sentral dari wilayah Richmond ini memang beseberangan dengan beberapa kebijakan bank sentral yang diputuskan dalam Komisi Pasar Bebas Bank Sentral AS, FOMC. Lecker merasa keberatan dengan pernyataan bahwa kondisi-kondisi ekonomi saat ini dijadikan dasar bagi kebijakan suku bunga ultra rendah AS selama beberapa tahun kedepan. Menurutnya hal ini sangat tidak baik sebagai sebuah komunikasi kebijakan dimasa yang akan datang.  Ditambahkan olehnya bahwa semestinya The Fed lebih berkomitmen menjaga suku bunga tetap di 2%. Lacker juga menentang keputusan bank sentral AS yang menggelontorkan kebijakan kuantitatif lanjutan fase ketiga dengan melakukan pembelian obligasi kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s