Harga emas berbalik turun atas aksi ambil untung, Credit Suisse target emas ke $1,840


Harga emas berbalik dalam perdagangan hari Jumat (12/10) atas aksi ambil ntung yang dilakukan para pialang dengan memanfaatkan keraguan pasar atas kondisi Spanyol saat ini.

Untuk harga emas dengan kontrak pengiriman bulan Desember, menurun sebesar $8.30, atau turun 0.5%, ke harga $1,762.30 per ons. Melemahnya Dolar AS sempat membuat harga Emas naik sebesar 0.3% pada perdagangan hari Kamis.

Emas nampaknya benar-benar menikmati apa yang menjadi keputusan The Federal Reserve pada akhir bulan September kemarin, dan dengan dua minggu lagi hingga pertemuan FOMC selanjutnya, beberapa pelaku pasar Nampak sudah memutuskan untuk mengambil untung terlebih dahulu.

Sebagian besar pelaku pasar lainnya masih melihat kondisi saat ini sebagai konsolidasi dan mereka juga melakukan uji pasar untuk menilai sejauh mana kecenderungan ini akan bertahan. Level psikologis di area $1,750-$1,800 menjadi level krusial sebelum diputuskan kenaikan lebih lanjut atau koreksi yang lebih dalam lagi.

Mengingat ketidak pastian ini, sebagian yang ingin mengurangi resiko di akhir pecan akhirnya memilih untuk melakukan aksi ambil untung sementara. Pastinya pasar menunggu keputusan yang lebih meyakinkan dari Spanyol atas dana talangan dan bagaimana kelanjutan Yunani dalam menjalankan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi krisis hutangnya.

Secara terpisah, pihak Credit Suisse telah menaikkan proyeksi harga emas di tahun 2013 dan 2014, dengan melihat potensi kebijakan kuantitatif lanjutan yang bisa ditambahkan lagi oleh AS serta kemungkinan kenaikan permintaan emas secara fisik oleh Cina dan India, maka bank investasi tersebut menaikkan proyeksi harga emas di tahun 2013 bisa mencapai $1,840 per ons atau naik 7%.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s