Dolar AS melemah, Euro menemukan pijakan di Spanyol


Dolar AS melemah di perdagangan hari Jumat (12/10) sementara Euro justru menemukan pijakannya ditengah spekulasi atas permintaan dana talangan Spanyol.

Bursa saham AS juga melemah dimana paska data ekonomi AS yang menyatakan kepercayaan konsumen mengalami peningkatan kepuncak dalam lima tahun terakhir ini. Penurunan pengangguran dengan membaiknya lapangan kerja disisi lain mendorong keyakinan konsumen AS sehingga mereka bisa merasa lebih optimis, namun demikian kemajuan-kemajuan ekonomi ini masih belum melegakan sebagian besar lainnya. Disisi lain, laporan keuangan dari J.P. Morgan Chase & Co. yang lebih baik dari perkiraan di kuartal ketiga ini juga memberikan kepercayaan pasar.

Indek Dolar AS turun ke 79.721 dari sebelumnya di 79.781. Dalam perdagangan EUR/USD, Euro diperdagangkan di $1.2947, naik dari sebelumnya di $1.2927. Sepanjang sesi perdagangan Eropa, mata uang tunggal ini mengalami penguatan atas dorongan isu yang menyatakan bahwa Spanyol makin mendekat untuk meminta bantuan dana talangan darurat . Sepanjang sepekan ini, Euro masih mencatat penurunan sebesar 0.6% dan indek Dolar AS masih kembali 0.4%.

Pada perdagangan Poundsterling atas Dolar AS, GBP/USD diperdagangkan dengan naik $1.6077, dari sebelumnya di $1.6045 serta mencatat penurunan sebesar 0.3% selama seminggu ini. Sementara dalam perdagangan Aussie atas Dolar AS, AUD/USD, Upaya investor menjauhi resiko membuat Dolar Australia menurun ke $1.0229 dari sebelumnya di $1.0261. Selama seminggu ini Aussie mampu naik sebesar 0.5%.

Yen Jepang dalam perdagangan USD/JPY melemah tipis, Dolar AS dibeli di harga ¥78.35, naik dari sebelumnya yang hanya ¥78.33. Dolar AS sendiri selama seminggu ini mengalami penurunan atas Yen sebesar 0.4%.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s