Cina, Surplus perdagangan menurun – pasar inginkan swasta peran lebih besar


Neraca perdagangan Cina diperkirakan masih surplus meski menurun di bulan Agustus ini, penurunan ini sebagai akibat terganggunya ekspor Cina, demikian dikabarkan Kantor Berita Xinhua pada hari Minggu (12/08).

Dalam laporan yang dikutip dari pernyataan Bank of Communications Co., salah satu emiten di Bursa Hong Kong  yang juga merupakan bank dengan asset terbesar kelima di Cina, menambahkan bahwa kondisi yang demikian ini akan memberikan gangguan bagi proses perbaikan ekonomi global.

Ekspor bulan Agustus akan turun setidaknya sebulan lebih awal dari perkiraan sebelumnya, sementara pertumbuhan dari tahun lalu masih rendah. Pusat Litbang dari Bank of Communications menambahkan bahwa Cina diperkirakan akan mendapatkan surplus sekitar $150 milyar tahun ini.

Dalam catatan, surplus perdagangan Cina di bulan Juli hanya sebesar $25.1 milyar atau turun dari surplus perdagangan di bulan Juni yang bisa mencapai $31.7 milyar, sebagaimana data dari Biro Administrasi Umum Cina pada Jumat kemarin.

Ekspor Cina dari tahun lalu hanya naik sebanyak 1%,  turun dari tingkat ekspor Cina yang di bulan Juni mencapai kenaikan 11.3% dan jauh dibawah perkiraan awal yang bisa meningkat sebesar 8%. Nilai Impor naik sebesar 4.7% dari tahun lalu, lebih rendah dari angka impor dibulan Juni yang mencapai 6.3% dan kuranf dari perkiraan awal yang diperkirakan bisa mencapai 7.0%

 

Pasar menghendaki peran swasta yang lebih besar lagi dalam investasi infrastruktur .

Investasi pemerintah Cina dalam sektor infrastruktur dianggap membayangi jaminan keamanan bagi investasi, oleh karena itu pemerintah Cina semestinya memberikan kepada swasta untuk bisa memainkan peran yang lebih besar. Penasehat Bank Sentral Cina, Song Guoqing menyatakan bahwa satu langkah yang bisa dilakukan adalah melalui pemerintah daerah sebagai kendaraan pembiayaan tanpa harus melakukan elaborasi.

Pemerintah pusat Cina pada bulan-bulan ini telah menaikkan anggaran belanja untuk memberikan keleluasaan bagi kementrian-kementrian yang ada dalam meningkatkan belanja investasi di sektor infrastruktur sebagai bagian dari upaya Cina untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Saat ini pertumbuhan ekonomi Cina memang tinggal 7.6% di kuartal kedua tahun ini atau yang paling rendah dalam tiga tahun ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s