Harga emas berakhir naik, didukung data ekonomi AS


Harga komoditi emas berakhir naik dalam perdagangan Rabu (08/08) atas dukungan data ekonomi AS berupa angka produktifitas dan ekspektasi diluncurkannya kebijakan moneter yang bersifat merangsang pertumbuhan ekonomi.

Untuk emas dengan kontrak pengiriman bulan Desember, harganya naik sebesar $3.20, atau naik 0.2%, berakhir ke harga $1,616 per ons di bursa Comex – New York Mercantile Exchange. Pada perdagangan hari sebelumnya, komoditas logam berakhir melemah.

Pelaku pasar sebagian besar yakin bahwa Eropa akan melakukan langkah menghentikan krisis hutang saat ini, disaat yang sama harapan bahwa AS akan mengeluarkan kebijakan stimulus akan berlangsung. Hal ini menjadi pendorong kenaikan harga komoditi emas saat ini.

Harapan bahwa AS akan mengeluarkan kebijakan ini terendus dengan pernyataan Eric Rosengren, Gubernur Bank Sentral wilayah Boston yang kemarin menyatakan bahwa The Fed perlu meluncurkan program pembelian asset kembali atas hutang yang akan berakhir dan terukur.

Sebagaimana dipahami bahwa kebijakan moneter yang lebih lunak dari The Fed akan mendorong kenaikan harga emas dan komoditi secara umum. Saat ini kisaran perdagangan emas masih diantara $1,550 hingga $1,625 per ons, yang sudah berlangsung selama enam bulan ini. Para investor ramai dan suka mengambil posisi beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s