Dolar AS menguat kembali, safe haven berjaya


Dolar AS melanjutkan kenaikannya pada perdagangan Rabu (08/08) setelah beberapa data ekonomi Eropa masih mengecewakan pasar sehingga menekan kenaikan Euro sebelumnya.

Indek Dolar AS naik ke 82.313 dari 82.280. Kisaran perdagangan Dolar AS masih juga belum lebar dimana sepinya data-data ekonomi membuat perdagangan kurang semarak. Dalam perdagangan Euro dengan Dolar AS  terseret menurun ke $1.2364, dari sebelumnya di $1.2397.

Jatuhnya Euro atas Dolar AS  juga berlaku terhadap Frank Swiss dan Yen Jepang. Naiknya Euro tertahan bersamaan dengan tertahannya bursa saham yang juga tertatih menembus titik resistensinya. Dalam perdagangan EUR/CHF memang sangat menarik, meski Euro turun ke CHF1.2011. Pihak Swiss National Bank (SNB) melakukan intervensi agar Euro tidak jatuh dibawah 1.20 Frank Swiss.

Jika Frank Swiss juga masuk mata uang pengaman, safe haven namun Yen Jepang masih lebih baik. Dalam kenyataannya, Yen lebih gampang menguat saat kondisinya mengalami krisis. Jepang sendiri merupakan salah satu rekan penting bagi Negara-negara Eropa yang biasa melakukan hubungan dagang secara langsung.

Euro menurun lawan Yen Jepang sebesar 0.45% ke harga 96.99 yen. Dolar AS juga melemah atas Yen Jepang dengan mencatat kinerja turun 0.2% ke 78.47 dari sebelumnya di 78.63.

Dalam perdagangan antara Poundsterling dengan Dolar AS, naik ke $1.5660 dari sebelumnya di $1.5620 sementara dalam perdagangan Aussie dengan Dolar AS hanya menurun tipis ke $1.0540 dari sebelumnya berakhir di harga $1.0556. (Follow @hqeem)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s