PT KAI Beri Penghargaan kepada Atlet Angkat Besi peraih medali di Olimpiade


Pada hari Selasa (07/08), di Stasiun Gambir, Jakarta, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) memberikan penghargaan kepada atlet binaan PT KAI pada cabang olahraga angkat besi dibawah naungan PABBSI (Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia) yang berhasil meraih medali pada Olimpiade ke-30 di London tahun 2012.

Mereka yang berprestasi tersebut adalah Triyatno yang mendapatkan medali perak dan Eko Yuli Irawan yang mendapatkan medali perunggu. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Meneg BUMN, Dahlan Iskan dan Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan serta Dewan Komisaris, beserta jajaran PT KAI.

“Saya salut dengan prestasi yang diperoleh Triyatno dan Eko, mungkin ke depan BUMN sebaiknya memikirkan untuk menfasilitasi pembinaan atlet-atlet yang punya potensi untuk mendapatkan mendali di tingkat internasional. Jangan lagi BUMN hanya berorentasi pada kejuaraan dalam negeri saja,” ungkap Dahlan Iskan.

Menurut Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, penghargaan yang diberikan oleh PT KAI merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap para atlet yang telah berjuang meraih prestasi dalam mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional. Dengan adanya dana pembinaan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para atlet agar dapat meningkatkan prestasinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“PABBSI dibina oleh PT. KAI, jadi bukan karena mereka berprestasi maka kita beri hadiah. Para atlet ini telah kita bantu melalui PABBSI, sejak masa latihan, jadi pantas kita beri penghargaan kalau mereka harumkan nama bangsa,” ungkap Ignasius.

Adapun besaran uang pembinaan yang diterima oleh kedua atlet tersebut adalah, Triyatno mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 500.000.000,00 , Eko Yuli Irawan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 250.000.000,00. Selain para atletnya, PT KAI juga memberikan penghargaan kepada pelatih kedua atlet tersebut yaitu Lukman, sebesar Rp. 250.000.000,00. Agar kedepannya PABBSI dapat terus  melahirkan atlet-atlet berprestasi lainnya, PT KAI memberikan uang pembinaan kepada PABBSI sebesar Rp. 500.000.000,00 yang diterima oleh Ketua Umum PABBSI, Adang Daradjatun.

“Angkat besi adalah cabang olahraga yang selalu mendapat medali dalam setiap ajang internasional. Namun dukungan dari pemerintah masih minim,” kata Adang Daradjatun. “Selama ini masih sering menggunakan uang perseorangan. Mana ada yang mau sponsori olahraga angkat besi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Tri dan Eko mengakui bahwa pembinaan dari pemerintah masih kurang.
“Harapan ke depan supaya kita lebih diperhatikan,” kata Tri yang tengah menanti kelahiran anak pertama itu.

Selain itu, Tri juga berharap pemerintah daerah memberikan perhatian kepada klub daerah angkat besi karena cabang olahraga tersebut selalu menyumbang medali. Tidak beda dari pemerintah pusat, lanjut Tri, pembinaan dari pemerintah daerah hanya diberikan saat menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Setelah itu, atlet berlatih sendiri dengan biaya sendiri,” ujar Tri yang juga akan menggunakan uang bonus atas kemenangannya di Olimpiade London untuk biaya persiapan.

Eko menambahkan, “Bonus bisa habis untuk latihan sendiri, karena setelah PON dan olimpiade ga ada bantuan lagi”. “Pembinaan inginnya lebih baik lagi, jangan seperti sekarang. Kalau persiapan dari jauh hari, peluang medali emas pasti ada,” ujar Eko.

Eko Yuli merupakan penyumbang medali pertama bagi kontingen Indonesia. Eko Yuli berhasil meraih medali perunggu di kelas 62 kg, setelah menyelesaikan total angkatan seberat 317 kg dengan angkatan snatch 145 kg dan clean and jerk 172 kg. Triyatno berhasil meraih medali perak pada kelas 69 kg. Triyatno berhasil mengangkat total barbel seberat 333 kg.

Selain itu, dari semua atlet angkat besi yang berangkat ke London, keenamnya berhasil mencatat posisi mereka di tujuh besar dari setiap kelas masing-masing. Sebelumnya, Triyatno dan Eko juga menyumbang medali perunggu pada Olimpiade Beijing 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s