Dolar AS Perkasa, Indek Saham dan Harga Emas Turun Terus


Diujung perdagangan hari Selasa (15/05) waktu New York, Bursa Saham AS ditutup turun disaat yang sama Dolar AS terus menunjukkan keperkasaannya.Indek Dolar AS yang mengukur Dolar AS atas enam mata uang utama dalam perdagangan mata uang, meningkat melanjutkan kenaikan dari sebelumnya 12 kali secara beruntun. Kenaikan ini mencetak rekor sebagai yang terpanjang, sejak 1985.  Angka indek Dolar AS menyentuh angka tertinggi sejak Januari silam yaitu diatas 81.

Dalam perdagangan Euro atas Dolar AS, EUR/USD turun ke 1.2732, dari sebelumnya di $1.2840 pada penutupan hari Senin.

Aksi jual yang melanda pasar, berlaku semenjak laporan yang menyatakan bahwa para pemimpin Yunani sekali lagi gagal mencapai kesepakatan membentuk koalisi, hal ini semakin menambah ketidak pastian apakah Yunani akan menjalankan janjinya untuk mematuhi kesekapatannya dengan Uni Eropa perihal bantuan keuangan dan pemulihan ekonominya. Kondisi yang tidak jelas ini akan berlangsung setidaknya hingga awal bulan depan saat dilakukan pemilihan parlemen selanjutnya. Pun demikian, paska pemilihan umum, pasar juga masih menghadapi satu hal, ketidak pastian kembali.

Atas semua ketidak pastian ini, Dolar AS menguat dan memberikan tekanan pada asset-aset beresiko seperti saham dan komoditi. Pada penutupan perdagangan Indek saham S&P 500 turun 0.6%, atau 8 poin ke 1,331. Indek Dow Jones menurun 0.5%, atau 63 poin ke 13, 632.

Harga minyak mentah menurun hingga ke harga termurah di tahun 2012 ini, dengan turun 80 sen atau sebesar 0.8%, ke harga $93.98 per barel. Harga komoditi emas juga demikian, merosot sebesar $3.90, atau turun 0.3%, berakhir ke $1,557.10 per ons .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s