Gerakan Bersih Pantai Pocari Sweat di Pantai Citepus


Setelah diluncurkan 26 April 2012 lalu di Jakarta  dan melakukan kegiatan pertama di Pantai Ampenan Lombok (29 April 2012, dengan melibatkan lebih dari 600 massa) Gerakan Bersih Pantai Pocari Sweat Satu Hati Peduli Lingkungan melakukan kegiatan bersih pantai kedua di Pantai Citepus, Sukabumi bersama satu orang remaja  yang terpilih menjadi Sahabat Peduli Lingkungan . 

Gerakan Bersih Pantai yang merupakan kegiatan CSR dari PT Amerta Indah Otsuka selaku produsen Pocari Sweat ini melibatkan lapisan masyarakat untuk bersama-sama membersihkan pantai dari berbagai macam sampah non-organik.

Kegiatan Gerakan Bersih Pantai di Pantai Citepus melibatkan pelajar SMU, komunitas peduli lingkungan, pedagang hingga pengunjung pantai. Peserta diajak untuk menyisir pantai dan memungut sampah yang ada. Selain itu ada pula kompetisi Trash Hour Hunt yang diikuti oleh peserta gerakan bersih pantai , penyuluhan serta penyebaran tempat sampah dari Pocari Sweat di berbagai titik lokasi pantai dan sekitarnya. Seluruh sampah yang terkumpul akan diserahkan ke berbagai komunitas daur ulang sampah untuk dijadikan barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

Tidak hanya aktivitas di Pantai Citepus, selama satu minggu sebelumnya, Pocari Sweat Satu Hati Peduli Lingkungan telah menggelar penyuluhan di lima SMU di Sukabumi dan beberapa komunitas masyarakat setempat mengenai bahaya sampah non organik bagi lingkungan pantai dan kelestarian laut.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Sukabumi, khususnya wilayah Pelabuhan Ratu untuk bisa mendukung dan bersama-sama Pocari Sweat dalam melakukan gerakan bersih pantai di pantai Citepus untuk program Satu Hati Peduli Lingkungan, dimana adanya visi dan misi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda tentang banyaknya sampah yang membahayakan aset pantai wisata di Indonesia. Semoga Pocari Sweat dapat memberikan contoh terhadap perusahaan swasta lainnya agar dapat memberikan kontribusi positif dalam kepedulian terhadap lingkungan khususnya pantai” tutur Bpk. Drs. H. Sukmawijaya. MM, Bupati Sukabumi.

Dalam roadshow Gerakan Bersih Pantai ini, Pocari Sweat juga mengajak seorang remaja yang telah terpilih menjadi Sahabat Peduli Lingkungan pada tanggal 24 April 2012 bernama Sindy Yolanda untuk ikut mengkampanyekan kepedulian terhadap kebersihan pantai. Managing Director of PT. Amerta Indah Otsuka, Bpk. Prayugo Gunawan menyatakan, “Sahabat Peduli Lingkungan adalah anak muda yang terpilih lewat kompetisi digital Pocari Sweat Sahabat Peduli Lingkungan, yaitu merupakan program pencarian anak muda yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan dan kelestarian pantai. Sosok ini kami harapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya, karena itu kami mengajak Sahabat Peduli Lingkungan yaitu Sindy Yolanda dari Jakarta yang telah terpilih pada tanggal 24 April 2012 dalam kegiatan roadshow Gerakan Bersih Pantai di tiga pantai untuk bersama-sama mengkampanyekan kecintaan dan kepedulian terhadap kebersihan dan kelestarian pantai”.

Setelah Roadshow yang dilaksanakan di pantai Ampenan (Mataram) 29 April 2012, dan pantai Citepus (Sukabumi) 13 Mei 2012 roadshow Pocari Sweat Gerakan Bersih Pantai akan digelar di Pantai Depok (Yogyakarta) pada 27 Mei 2012  mendatang.  Pocari Sweat Satu Hati Peduli Lingkungan lahir dari kepedulian Pocari Sweat akan kondisi beberapa pantai di Indonesia yang tercemar dengan sampah non organik dari aktivitas manusia. Keberadaan sampah-sampah ini dapat membahayakan makhluk hidup di laut serta menurunkan minat wisatawan untuk berkunjung.  Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2011 produksi sampah dari 380 Kota di Indonesia mencapai lebih dari 80.000 ton per hari. Hal ini mendorong Pocari Sweat untuk secara aktif mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kawasan pantai. Melalui program CSR Satu Hati Peduli Lingkungan, Pocari Sweat berupaya mengedukasi dan mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk peduli dan aktif menjaga kebersihan pantai.

“Serangkaian Kegiatan yang dilaksanakan dalam program CSR Satu Hati Peduli Lingkungan ini merupakan bentuk komitmen dari PT. Amerta Indah Otsuka untuk Pocari Sweat memiliki komitmen untuk mengedukasi masyarakat dan menanamkan kepedulian terhadap lingkungan terutama pantai“ tambah Ibu Pratiwi Juniarsih, Director of Corporate Affair of PT. Amerta Indah Otsuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s