The Fed, akan pecahkan rekor pertahankan suku bunga rendah terlama.



Bank Sentral AS, diperkirakan akan pecahkan rekor mempertahankan suku bunga rendah dalam jangka waktu paling lama sepanjang sejarah sejak Perang Dunia II berakhir. Kebijakan ini dilatarbelakangi kondisi ekonomi AS yang masih belum membaik hingga kini.


Lebih luas lagi, the Fed juga diyakini akan memperketat kredit setidaknya hingga Juni 2012, ini merupakan era statis terpanjang sejak terakhir kalinya pemerintah AS melalui bank sentralnya melakukan pembelian surat hutang mereka diera 1940an. Pemangkasan yang dilakukan oleh Presiden Barack Obama dan Konggres sebelum 2 Agustus sebagai batas waktu untuk menaikkan $14.3 trillion batas hutang AS yang bisa menghambat ekonomi.

Perekonomian AS sendiri tidak mampu menghasilkan lapangan kerja yang selama ini dianggap sebagai hambatan utama bagi the Fed untuk bisa menjalankan suatu pengganti kebijakan selama ini yang mendukung pembelian $2.3 trillion aset dan mengurangi suku bunga mendekati nol persen.

Gubernur The Fed Ben S. Bernanke menyatakan pada 7 Juni bahwa para pembuat kebijakan tidak bisa “dengan seksama ” menilai perbaikan saat ini akan terbentuk hingga mereka melihat suatu periode berkesinambungan atas terciptanya lapangan kerja yang kuat. The Fed menyatakan bahwa apa yang terlihat saat ini adalah kemungkinan kenaikan suku bunga antara 2.7 percent hingga 2.9 percent.
Para pembuat kebijakan masih akan menunggu hingga pertengahan 2012 untuk menaikkan suku bunga pertama kalinya dalam enam tahun terakhir, demikian ini hasil jajak yang dilakukan oleh Bloomberg News survey yang diterbitkan pada 8 Juli kemarin atas 58 ekonom.(BLB/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s