Gemari Buah Indonesia


Gemari buah-buahan lokal - perkuat ketahanan bangsa.
Gemari buah-buahan lokal - perkuat ketahanan bangsa.

Keprihatinan akan buah lokal Indonesia ditengah gempuran berbagai buah impor, menjadi pendorong lahirnya gerakan Gemari Buah Indonesia yang digagas oleh Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor. Hari Minggu (10/07) di Senayan Jakarta, dicanangkan gerakan ini, sebagai langkah awal kampanye Gemari Buah Indonesia yang akan dilakukan sepanjang 2011-2012.


Lebih dari tujuh ribu orang hadir dalam kegiatan yang dikemas melalui acara Jalan Sehat dan Sepeda Santai ini, mereka umumnya berasal dari alumni IPB dan masyarakat umum lainnya jelas Ahmad Mukhlis Jusuf, Direktur Utama LKBN-Antara sebagai Ketua Panitia acara ini. Acara ini juga didukung oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Peranian Suswono, Gubernur DKI Jaya Fauzi Bowo, Rektor IPB Herry Suhardiyanto, Ketua Himpunan Alumni IPB Muhamad Said Didu, serta pimpinan beberapa lembaga negara dan tokoh dari berbagai profesi, generasi dan lintas agama.

Momentum ini memang digunakan oleh Himpunan Alumni IPB untuk menyatakan dorongan kepada para pemangku kepentingan guna mengangkat harkat dan martabat produk dalam negeri, khususnya buah lokal demikian menurut Said Didu, ditegaskan olehnya bahwa akan ada program lanjutan yang dilakukan secara masif dan sistematis agar buah lokal mampu berjaya di negeri sendiri.

Kampanye ini akan mengupayakan agar hari Jumat sebagai hari buah nasional, melakukan advokasi konsumsi buah lokal dilembaga-lembaga negara, instansi pemerintah, industri makanan dan minuman, hotel, katering dan peritel. Kemudian mendorong penerapan Standar Nasional Indonesia pada buah lokal, sehingga tercipta standar kualitas bagi buah impor. Selain itu kampanye ini juga ingin mendorong keberpihakan fiskal terhadap buah lokal Indonesia melalui pengenaan bea masuk yang lebih tinggi bagi buah impor. Diharapkan pula, pemerintah agar memperbaiki implementasi tata niaga dan infrastruktur produksi dan perdagangan buah. Pada akhirnya kampanye ini juga diharapkan bisa melahirkan wirausahawan baru, petani dan pedagang buah lokal Indonesia dengan berbagai program.

Bagi Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Kampanye ini juga diharapkan bisa mengembangkan kebun buah yang sudah terdaftar sekitar 2000 kebun dan menerapkan GAP (Good Agriculture Practise) agar punya daya saing bisnis yang lebih baik dan menjadi inkubator bagi wirausahawan baru dibidang produksi dan perdagangan buah lokal Indonesia. Kampanye ini juga bisa menjadi jembatan bagi wirausahawan buah dengan BUMN terkait serta mengoptimalkan lembaga-lembaga penelitian dan institusi pendidikan untuk mendorong kemitraan dan penguatan program pembentukan wirausaha baru dibidang produksi dan perdagangan buah.

Mahasiswa IPB dukung Gemari Buah Lokal
Mahasiswa IPB dukung Gemari Buah Lokal

Semua peserta acara ini mendapatkan bibit buah Indonesia sepertiJambu Air, Nangka, Durian, Rambutan, Mangga dan buah lainnya. Selain bazaar Produk buah lokal, juga ada pasar tani di area acara. Berbagai daerah yang berpartisipasi mencoba memamerkan keanekaragaman buah yang menjadi unggulan masing-masing daerah. Para peserta jalan sehat dan sepeda santai juga disuguhi berbagai buah disepanjang jalan yang dilalui peserta jalan sehat dan sepeda santai.

One thought on “Gemari Buah Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s