Emas naik atas melemahnya Dolar AS.


Harga komoditi emas mengalami kenaikan pada perdagangan awal pekan ini di bursa London, melanjutkan kenaikan selama tiga hari dalam sesi perdagangan sebelumnya. Banyak investor melakukan aksi pembelian dipicu pertimbangan harga emas yang sudah jatuh selama enam pekan dianggap sudah jenuh dan diprerkirakan akan naik dimasa yang akan datang.


Dolar AS sendiri hanya berubah sedikit setelah sempat menyentuh level terendah dalam tiga pekan ini terhadap Euro atas spekulasi bahwa ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga setidaknya di minggu ini. Para Menteri-menteri Keuangan Eropa pada 2 Juli silam telah menandatangani pemberian dana bantuan kedua kepada Yunani sebesar 8.7 milyar-euro ($12.6 milyar) setelah pihak perlemen Yunani setuju dengan berbagai prasyarat yang diajukan pada pertengahan Juli sebelumnya.

Akibatnya harga emas menguat $8.12, atau 0.6 percent, ke $1,495.90 per ons, dipasar London. harga logam tersebut sempat menurun ke $1,478.83 pada 1 Juli silam yang merupakan harga terendah sejak 17 Mei lalu. sementara kontrak berjangka emas naik 0.9 percent pada $1,496.10 di pasar Comex – New York. Lantai perdagangan tutup oleh libur nasional.

Harga emas batangan hanya berubah sedikit di $1,495 per ons pada sore hari, menyesuaikan harga pasar Lonndon dipengaruhi aksi jual yang dilakukan beberapa perusahaan tambang untuk menjual posisi mereka sehingga jatuh dari harga sebelumnya di $1,495.25 pada pagi hari.

ECB dijadwalkan akan menaikkan suku bunga pada 7 Juli menjadi 1.5 percent dari 1.25 percent, berdasarkan perkiraan ekonomo yang dihimpun oleh Bloomberg News. Kondisi ini diperkirakan akan membuat peningkatan permintaan akan Euro sementara Emas, umumnya bergerak berseberangan dengan Dolar As itu sendiri atau sejalan dengan Euro. (BLB/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s