Tingkat Kepercayaan Ekonomi Eropa Menurun di Bulan Juni.


Tingkat kepercayaan dalam kerangka ekonomi Eropa mengalami penurunan pada titik terendah dalam delapan bulan ini di bulan Juni sebagai akibat permasalahan antara pembuat kebijakan mengenai pemberian paket dana bantuan bagi Yunani.


Indek eksekutif dan sentimen konsumen di 17 negara wilayah Euro jatuh ke 105.1 dari 105.5 pada bulan Mei, Komisi Eropa di Brussels menegaskan hari Rabu (29/06). Angka ini merupakan yang paling rendah sejak Oktober silam. Para ekonomo memperkirakan penurunan bisa mencapai 105, dari rata-rata 27 perkiraan yang di himpun oleh Bloomberg.

Euro hanya berubah sedikit terhadap Dolar AS setelah data tersebut diterbitkan. Diperdagangkan pada $1.4391 di 11:18 a.m. di pasar Frankfurt, atau naik 0.1 percent sepanjang sesi.

Angka sentimen bagi Pabrikan Eropa menurun ke 3.2 sebelumnya 3.8 di bulan lalu, demikian laporan tersebut memaparkan lebih jauh. Hal ini mengindikasikan seuatu peningkatan kepercayaan jasa menjadi 9.9 dari 9.3, sementara kepercayaan konsumen menguat menjadi minus 9.8 dari sebelumnya minus 9.9. Sentimen bagi pengembang juga naik di bulan Juni ini. (BLB/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s