Penjualan Stok Rumah di AS Naik 8.2%


Ternyata banyak sekali rakyat AS yang kontrak untuk membeli rumah bahkan lebih dari perkiraan di bulan Mei. Hal ini mengindikasikan pasar hunian akan menguat kembali dari keterpurukannya sejak awal tahun ini.


Indek penjualan stok rumah (pending home) meningkat 8.2 percent dibulan April setelah mengalami revisi dari merosot 11 percent dibulan sebelumnya. Angka ini memang lebih kecil dari laporan awalnya, demikian dipaparkan oleh The National Association of Realtors hari Rabu waktu setempat di Washington. Para ekonom memperkirakan kenaikan sebesar 3 percent increase, sebagaimana jajak yang dilakukan oleh Bloomberg News survey.

Jatuhnya harga perumahan membuat beberapa properti menjadi menarik untuk dibeli meski saat ini tingkat pengangguran masih tinggi, sebesar 9.1 percent dan kebijakan kredit yang ketat sehingga menekan industri tersebut. Penjualan hingga Mei mencapai titik rendahnyanya dalam enam bulan terakhir, dan nampaknya bisa menjadi titik terendah tahun ini, demikian pernyataan Kapala ekonom NAR Lawrence Yun minggu lalu.

estimasi untuk penjualan stok rumah menurun sebesar 4.8 percent menjadi kenaikan sebesar 15 percent, dari jajak pendapat yang dilakukan Bloomberg survey terhadao 36 responden. Angka penjualan stok rumah akhirnya naik 16 percent dari Mei 2010.

Saham-saham menguat paska parlemen Yunani menyetujui mengenai dana talangan Eropa bagi negara tersebut. Indek Standard & Poor’s 500 naik 0.4 percent menjadi 1,301.29 pada saat data ini diterbitkan di New York. (

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s