PDB Inggris naik di kuartal pertama. Tingkat Konsumsi anjlok.


Angka ekspor Inggris terus berkembang dikuartal pertama seiring naiknya harga pangan dan bahan bakar yang menggerus pendapatan dan tingkat konsumsi rumah tangga.


PDB Inggris naik 0.5 percent dari kuartal empat, angka yang sama dengan perkiraan sebelumnya sebagaimana dilaporkan Biro Statistik Inggris di London hari Selasa (28/06). Pertumbuhan tahun ini dibanding tahun lalu mengalami revisi menjadi 1.6 percent dari 1.8 percent.

Keprihatinan akan pertumbuhan ekonomi dibawah bayang-bayang inflasi akibat kenaikan harga dan pemangkasan anggaran belanja pemerintah semakin menekan standar hidup masyarakat Inggris sejak dekade 70-an. Bank of England sendiri berusaha mempertahankan suku bunga pada tingkat rendah pada bulan ini dan melakukan pembelian kembali obligasi negara jika diperlukan saat kondisi kritis sebagaimana ditegaskan beberapa pejabat bank sentral.

Pertumbuhan GDP sebesar 0.5 persen diikuti dengan penurunan output di kuartal empat yang tidak pernah naik sejak medio Juli-September tahun lalu.

pendapatan nyata menurun sebesar 0.8 percent dari sebelumnya yang telah menurun 0.9 percent di kuartal empat dan tingkat belanja menurun 0.6 percent, ini merupakan penurunan terbesar sejak kuartal kedua tahun 2009. Tingkat belanja paling banyak menurun di sektor sandang dan alas kaki. (BLB/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s