Inflasi Jerman secara mengejutkan tidak berubah.


Inflasi Jerman, sebagai negara ekonomi terbesar di Eropa secara mengejutkan tidak berubah pada bulan Juni sejalan dengan rencana Bank Sentral Eropa yang bersiap menaikkan suku bunga pada semester kedua tahun ini.


Tingkat Inflasi sebesar 2.4 percent dari pada Mei,demikian paparan dari Biro Statistik Federal Jerman di in Wiesbaden pada Selasa, sementara perkiraan ekonom akan naik sebesar 2.5 percent. Tingkat inflasi ini tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Proses perbaikan ekonomi Jerman menunjukkan tanda-tanda pelambatan atau penurunan pada tingkat pengangguran sehinga mendorong kenaikan tingkat belanja. Hal ini membuat sektor industri bisa lebih longgar dalam menyikapi kenaikan biaya saat ini. Sementara itu, harga minyak berbalik arah sepanjang bulan ini meski masih lebih tinggi 16 persen dari they’re harga tahun lalu. Presiden ECB, Jean-Claude Trichet mengisyaratkan akan kemungkinan kenaikan suku bunga pinjaman dari 1.25 percent saat ini di minggu yang akan datang.

Pada landasan yang non harmonis, inflasi berada di 2.3 percent pada Juni sementara harga konsumen meningkat 0.1 percent dari bulan sebelumnya, demikian lanjutan paparan laporan tersebut.

BASF SE menyatakan pada 16 Juni lalu bahwa terjadi kenaikan harga bahan kimia di Eropa dan K+S AG, produsen potas juga menyatakan bahwa ada kenaikan harga bahan pupuk tanaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s