Harga Emas turun, bersamaan dengan harga minyak.


Harga komoditi emas mengalami penurunan sejalan dengan jatuhnya harga komoditi minyak pula. Komitmen para pemimpin Eropa mengenai penyelesaian krisis hutang Yunani disisi lain juga masih memberikan sentimen negatif sehingga mengurangi daya tarik Emas sebagai aset pengaman investasi.


Harga Emas batangan secara mendadak menurun sebanyak 0.3 percent menjadi $1,498.15 per ons sebelumnya di perdagangkan di harga $1,500.18. Minggu lalu, harga emas batangan sudah jatuh 2.4 percent yang merupakan penurunan terbesar sejak akhir pekan 6 Mei silam. Harga komoditi emas berjangka untuk kontrak Agustus hanya berubah sedikit di $1,500.50 per ons di bursa Comex – New York.

Dolar sendiri mengalami penguatan sebesar 0.3 percent terhadap mata uang lainnya sehingga mencatatkan kenaikan beruntun dalam tiga pekan ini. Menguatnya Dollar ini membuat Emas juga kehilangan pamornya sebagai aset pengaman investasi. Harga minyak terperosok 1.1 percent setelah sebelumnya juga jatuh 2 percent pada minggu lalu yang mencatat kinerja empat pekan beruntun ditutup negatif.

Emas sepanjang tahun ini memang masih naik 5.5 percent sejak awal tahun atau lebih tinggi 0.2 percent sebesar $1,506.28 per ons dari harga tertinggi tahun lalu. Puncak harga emas mencapai rekor di $1,577.57 pada 2 Mei lalu saat krisis hutang menghantam Yunani dengan hebatnya dan Dolar terdepresiasi sedemikian rendahnya sehingga membuat Emas sebagai investasi alternatif menjadi primadona investor.

Secara mendadak pula, harga komoditi perak juga ikut jatuh 1.8 percent ke $33.68 per ons, setelah jatuh 4.4 percent minggu lalu hingga mencetak empat pekan beruntun ditutup negatif pula. Harga palladium juga ikut jatuh sebesar 1.2 percent ke $725.50 per ounce dan harga spot platinum menurun 0.9 percent ke $1,674.25 per ons.(BLB/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s