Para pemimpin Uni Eropa sepakat paket bantuan baru ke Yunani.


Para pemimpin Eropa sepakat atas bantuan baru ke Yunani untuk menghindari kekacauan keuangan global, meski demikian kondisi Athena juga memerlukan dukungan parlemen untuk menjalankan hal tersebut.


Seiring dengan kesepakatan antara IMF dan Uni Eropa dengan Yunani mengenai pemangkasan anggaran belanja dan menaikkan pajak senilai 28 milyar Euro dan rencana-rencana lainnya untuk membawa tak kurang sepuluh milyar dari penjualan BUMN, Athena secara resmi memerlukan bantuan keuangan dari KTT 2 hari di Brussel tersebut.

Para anggota legeslatif Yunani juga mesti menyetujui kesepakatan baru tersebut pada Juni ini sebelum para menteri keuangan negara-negara Eropa sepenuhnya melakukan pekerjaan mereka guna membuat keputusan yang diperlukan setidaknya diawal Juli ini.

Tekanan-tekanan yang berasal dari AS terhadap blok tersebut, untuk menjaga pasar uang pula, PM Yunani George Papandreou menyatakan “Kami telah mendapatkan dukungan dari para partner kami dan saya pikir ini bukan hanya sebuah lampu hijau belaka namun juga memrupakan sinyal positif untuk masa depan Yunani”.

Presiden Uni Eropa, Herman Van Rompuy menyatakan bahwa bantuan baru yang diperlukan oleh para sejawat Internasionak tersebut juga harus mendapat persetujuan saat Yunani memerlukan keuangannya di bulan Juli ini.

Hal ini berarti setidaknya 12 milyar euro dari pinjaman Eropa dan IMF yang sudah disepakati tahun lalu dari sebesar 110 milyar Euro dana talangan ($156 milyar), dimana Yunani perlu untuk menjauhkan negara tersebut dari kebangkrutan pada bulan Juli ini dan dimana sebelumnya dana tersebut di tunda melalui pemilihan suara di Parlemen Yunani.

Para pemimpin Eropa meminta semua pemimpin partai politik di Yunani untuk mendukung program-program utama yang telah dibuat untuk menunjukkan persatuan di negara tersebut sebagai salah satu modal awal untuk mencapai kesuksesan.(AFP/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s