Klaim Pengangguran AS Naik Lebih Tinggi Dari Proyeksi.


Jobseekers
Rakyat Amerika yang mengajukan klaim pengangguran mengalami peningkatan bahkan lebih banyak dari perkiraan pada minggu lalu. Hal ini menunjukkan banyak perusahaan yang kurang percaya diri dengan langkah ekspansi yang mereka lakukan di awal tahun ini.


Jumlah yang mengisi formulir untuk mendapatkan tunjangan sebagai pengangguran mengalami peningkatan sebanyak 9,000 orang dihitung hinga akhir 18 Juni kemarin dengan total mencapai 429,000, demikian dilaporkan oleh Depertemen Tenaga Kerja AS (23/06). Klaim ini lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 415,000 orang saja.

Klaim pengangguran mulai naik setelah sempat menurun hingga ke level terendah dalam tiga tahun terakhir ini diakhir februari lalu. Hal ini mengindikasikan kegiantan bisnis yang berjalan mengalami hambatan setidaknya hingga terjadi penguatan permintaan pasar. Data tersebut juga seakan mempertegas pernyataan dari Gubernur bank sentral AS Ben S. Bernanke kemarin yang menyatakan bahwa pertumbuhan paar tenaga kerja mengalami perlambatan yang menimbulkan fristasi. Hal ini juga menjadi sebuat alasan bagi para pembuat kebijakan untuk tetap mempertahankan kebijakan ransangan moneter.

Paska pengumuman ini, indek saham mengalami penurunan dimana indek Standard & Poor’s 500 menurun 0.9 percent ke level 1,267.9 di bursa New York.(BLB/L8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s