Lebih Dari 20 Juta pengguna Internet Indonesia adalah Remaja.



Remaja dalam proses pencarian jatidirinya, lazimnya memerlukan wahana untuk menunjukkan eksistensinya. Bagi mereka, eksistensi dan popularitas, merupakan modal awal dalam sukses pergaulan.

Pentingnya eksistensi bagi para remaja ini terungkap dalam sebuah penelitian kualitatif mendalam yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia Tbk. Penelitian ini juga menemukan bahwa bagi para remaja, eksistensi ini dapat berupa ‘eksistensi sosial’ yang diperoleh dengan diterimanya mereka dalam suatu lingkungan pergaulan tertentu atau ‘eksistensi diri’ yang berhubungan dengan tujuan yang ingin mereka capai di masa depan.

Memoria Dwi Prasita, dari Unilever Indonesia menyatakan bahwa kehidupan digital menjadi sarana alternatif untuk menunjukkan eksistensinya. Dalam paparannya, kedua bentuk eksistensi baik di dunia digital melalui situs jejaring sosial dan dunia nyata dalam hal kompetisi sangat perlu bagi remaja.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Kemenkominfo dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), total pengguna internet di Indonesia saat ini menembus 40 juta pengguna. Dari angka tersebut, 64 persen diantaranya adalah remaja. “Hal ini membuktikan bahwa tren digital saat ini telah menjadikannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan remaja sehari-hari dan bahwa digital merupakan pilihan yang tepat untuk mewujudkan eksistensi yang dicari oleh para remaja saat ini” ungkap Memoria.

Menguatkan pernyataan itu, pemetaan yang dilakukan oleh http://www.salingsilang.com pada bulan Januari 2011 menyatakan bahwa Jakarta merupakan kota yang paling aktif dalam hal penggunaan Twitter dan Facebook dengan persentasi sebanyak 16,33% untuk penggunaan Twitter dan 50,33% untuk penggunaan Facebook.

Diana Rikasari, seorang Fashion Blogger menceritakan bagaimana dirinya memilih digital sebagai wadah penyaluran bakatnya hingga bisa menjadi populer dan akhirnya menikmati eksistensinya di dunia maya, “Saya sendiri merasakan manfaat dan hasil positif melalui aktif di dunia digital ini, terutama untuk saya yang menyenangi dunia fashion dan memiliki usaha di bidang ini. Hobi dan bisnis ini dapat dikenal oleh banyak orang melalui dunia digital. Jika para remaja ingin eksis dan populer di dunia maya, tentunya harus memiliki sesuatu yang unik, bertalenta dan bisa diterima dengan baik di masyarakat.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s