Printemps Francais 2011, Panggung untuk semua!


Hampir dua bulan, Festival Perancis untuk ke-7 kalinya akan digelar. Perhelatan yang sepenuhnya didukung oleh pemerintah Perancis ini akan menghadirkan berbagai konser, pertunjukan, pameran dan acara gastronomi di lebih dari 10 lokasi di Jakarta dari tanggal 7 Mei hingga 24 Juli 2011.

Boxe-boxe - Kafig
Kafig, akan mendemonstrasikan tarian hip hop kreasi baru mereka Boxe-boxe.


Duta Besar Perancis untuk Indonesia, YM Philippe Zeller,menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan Printemps français (Festival Kebuadayaan Perancis) dalam perspektif Eropa. Menyoroti sebuah disiplin seni serta untuk mempertahankan aspek sentuhan Perancis (french touch dalam aspek mode, kuliner, urban art termasuk musik.

Printemps Francais 2011, Panggung untuk semua!
Festival ini akan di buka pada tanggal 07 Mei. atau tepat dua hari sebelum perayaan Hari Eropa (9 Mei), dengan menampilkan pameran besar hasil ko-produksi Kota Paris dan Berlin serta dirancang oleh dua kurator asal Italia dalam sebuah pagelaran
“Dysfashional” di Galeri Nasional Indonesia dari tanggal 7 hingga 15 Mei. Selain menampilkan karya dunia fesyen dan seni kontemporer Eropa, ditampilkan pula kreasi-kreasi seniman muda Indonesia yang secara khusus diciptakan untuk acara ini.

Kegiatan ini sangat beragam, mulai dari konser musik klasih pada tanggal 29 Mei di Erasmus Huis, yang akan membawakan komposisi-komposisi Franz Liszt, yang dibawakan oleh pianis luar biasa Nicolas Stavy.

Sementara trio jazz menakjubkan yang dipimpin oleh pianis asal Belgia, Eric Legnini akan tampil di Goethe Haus pada tanggal 10 Juni. Selanjutnya, penampilan penyanyi asal Maroko, Sophia Charaï yang akan tampil di Teater Salihara pada 10 Mei, serta penyanyi wanita Belle du Berry, yang setelah beberapa tahun tak terlupakan menjadi penyanyi andalan Paris Combo, kini kembali ke Indonesia dengan formasi
terbarunya pada tanggal 19 Mei.

Pesta Musik akan memeriahkan festival ini oleh grup Merzhin setelah Java pada tahun 2010. Mereka akan tampil di atas panggung di Rolling Stone Live Venue untuk sebuah konser gratis tanggal 15 Juni, kemudian duo musik elektronik asal Paris, Acid Washed akan tampil di Puro tanggal 17 Juni.

Akhirnya, kami tetap mempertahankan beberapa unsur French touch yang sudah dikenal di seluruh dunia, dan yang telah memberikan kontribusi besar bagi keberhasilan edisi-edisi Printemps français yang sebelumnya, yaitu mode dengan pameran foto yang sangat indah dengan fokus pada kegiatan di balik layar dari haute couture Paris yang akan diselenggarakan di Plaza Indonesia dari tanggal 9 Juni hingga 3 Juli.

Kemudian ada kelompok hip-hop Käfig, yang akan mendemonstrasikan tarian freestyle di eX Plaza pada 22 Mei serta kreasi terbaru mereka berjudul Boxe Boxe pada 23 Mei di GBB. Selain itu, tak ketinggalan sirkus dengan penampilan dari kelompok Chabatz d’entrar yang akan menentang hukum gravitasi di GKJ pada 31 Mei.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tak ketinggalan kuliner asal Perancis akan dipersembahkan oleh Hotel Le Méridien, bersama Chieff Thierry Guineau, yang akan mengikuti setiap etape dari Tour de France ke-100 dari tanggal 2 hingga 24 Juli melalui buffet baru setiap hari dengan cita rasa hidangan khas Prancis.

Dalam festival ini, juga akan diluncurkan buku terjemahan pertama Sejarah Prancis dalam bahasa Indonesia di Cemara 6 Galeri pada 14 Juni.

Bagi Christine Hakim, yang tahun ini Duta Budaya Festival Perancis, menyatakan bahwa festival Prancis ini merupakan jendela terbuka bagi segala bidang seni dan dunia, sehingga sayang bila disia-siakan. Bagi dia adalah suatu kehormatan untuk menjadi duta dalam festival Printemps français 2011 di Jakarta !. Selamat menikmati festival Printemps français 2011! Panggung untuk semua.(HQM)

Christine Hakim, Duta Festival Perancis 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s