Harga Emas dekati $1.570 per troy ons.


Harga emas di hari terakhir perdagangan bulan April pada pasar Komoditi telah mendekati $1,570 per try ons. Kenaikan ini berlangsung dan diperkirakan masih akan berlanjut dimana melemahnya nilai Dolar atas mata uang besar lainnya sebagai faktor utama pendorong kenaikan harga emas saat ini. Perak, mengikuti kenaikan emas dengan mencatatkan harga termahalnya dalam 28 tahun terakhir ini.

Toko Emas di China Town, NY.


Sebagaimana diketahui, nilai Dolar terus merosot dalam lima bulan terakhir ini atas enam mata uang dunia. Pihak Bank Sentral AS sendiri, The Federal Reserve masih memberikan sinyal pekan ini bahwa biaya kredit akan mencapai titik terendah dalam beberapa waktu kedepan. Dengan kata lain, The Fed mengkendorkan arus likuditasnya. Harga emas akhirnya meroket hingga mencapai harga termahalnya sejak November 2009.

Dolar sendiri diyakini masih akan berada di level rendahnya dimasa-masa yang akan datang dengan demikian, hal yang paling berarti adalah memindahkan aset investasi ke dalam bentuk investasi emas.

Harga emas di pasar komoditi berjangka untuk kontrak bulan Juni naik $25.20, atau 1.6 percent, ditutup pada harga $1,556.40 di bursa Comex di New York. Sepanjang bulan april saja mereka naik 8.1 percent atau naik 3.5 percent dalam minggu ini saja. Harga emas naik 2.2 percent ke harga tertinggi sepanjang masai di $1,569.32 mendekati $1,570.

India, negara pengkonsumsi emas terbesar di dunia.

The Fed, masih saja melanjutkan kebijakan suku bunga rendahnya mendekati nol persen, akibatnya berbondong-bondong investor menyelamatkan asetnya di Emas.

Harga perak menyusul naik untuk kontrak bulan Juli sebesar $1.058, atau sebesar 2.2 percent, pada harga $48.599 per ons. Namun harga perak diperkirakan akan mengalami koreksi sesaat mengingat kenaikan yang drastis ini. Sebagai perbandingan, harga emas sepanjang tahun lalu hanya naik 33 persen sementara harga perak naik dua kali lipatnya.

Harga Palladium untuk kontrak Juni naik $16.85, atau 2.2 percent, ke $792.15 per ons di NYMEX. Dari tahun lalu, harganya sudah naik 44 percent. sementara untuk kontrak bulan Juli naik $25.60, atau 1.4 percent, ke $1,865.50 per ons.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s