Pujaan Hati-Alonas, pembuktian di jalur musik.


Alonas - Pujaan Hati, dikemas dengan nuansa pop arabic. Alternatif musik ditengah derasnya pop Melayu yang mendominasi pasar saat ini.

Menggarap hobi sekaligus berbisnis adalah pilihan Alonas saat ini. Model dan aktris kelahiran 7 Juli 1985 ini kini tengah asyik menggeluti profesi anyar: jadi penyanyi. “Ya, aku sekarang mau konsentrasi ke dunia tarik suara, sekalian berbisnis juga,” papar dara bernama lengkap Cut Cynthiara Alona ini. Alonas adalah nama panggung yang dipilihnya dalam urusan tarik suara ini. Bersama sang kakak, Rini Rojuly, Alonas memproklamirkan AMI “ Alona Musicenter Indonesia, sebuah record label yang rencananya akan memproduksi dan mendistribusikan karya-karya musik anak negeri.

Alona, membintangi beberapa film dengan genre kebanyakan adalah horor.
Gebrakan Alonas di dunia musik, diawali dengan merilis satu mini album berisi empat lagu. “Pujaan Hati” bernuansa Pop Arabic yang juga jadi titel mini album ini; “Berdansa” sebuah tembang berirama Latin; “I Love You” yang mengusung soft R&B; dan “Hey Pria” yang lebih mellow. Untuk memuluskan jalannya di dunia tarik suara, tak tanggung-tanggung Alonas menimba ilmu ke sejumlah guru vokal. “Saat ini aku masih dalam bimbingan Bertha. Sebelumnya aku sempat beberapa kali ganti guru. Dari mulai Ba Ina, Bang Ronal, Dewi Rey, Atep, Pak Anton, dan sekarang ke Bertha,” ujar Alonas yang mengidolakan Celine Dion dan Krisdayanti ini.

Berbekal kepercayaan atas potensi multi-talenta yang dimilikinya, Alonas memilih jalur musik pop. “Di genre ini aku bisa belajar menghayati vokal, menekankan kekuatan syair, dan cara menyanyi yang benar. Semua itu didorong keyakinan bahwa aku pasti bisa,” tegasnya. Menurut Alonas, kegiatannya sekarang ini adalah bagian dari mengembangkan hobi yang dimilikinya. “Lebih enak menggarap hobi ketimbang mengerjakan sesuatu yang tidak disukai, kan?” ujar gadis yang pernah mengenyam pendidikan ekonomi bisnis ini.

Alonas, bisa benar-benar menjadi pujaan hati para pria.

Di layar perak, Alonas pernah berkiprah di film-film antara lain Paku Kuntilanak, Kutunggu Jandamu, Drop Out, Setan Budeg, Susuk Pocong, dan Hantu Binal Jembatan Semanggi. Film terakhir yang dibintanginya adalah Tetanggaku Kuntilanak. Alonas memulai kegiatan menyanyinya pada pertengahan 2010. Selain senang berakting dan modeling, aktris yang mengidolakan akting Angelina Jolie dan Brad Pitt ini juga percaya record label yang baru dirintisnya bisa menjadi bisnis masa depan baginya.

“Selain sebagai pembuktian keseriusanku terjun di bidang musik, mini album ini juga sebagai pembuktian kerja keras dan tujuan yang positif dapat menciptakan kekuatan besar untuk menggapai impian,” ujar penyuka olahraga renang, jogging, aerobik, yoga, dan pilates ini.

Aktivitas putri ketiga dari pasangan Wirnansy dan Tengku Umar ini cukup beragam. “Saat ini kegiatanku lebih banyak berlatih vokal. Menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga, itu sudah keharusan. Aku juga ngedance, berlatih tari, nyalon, dan sekarang konsentrasi ngurusin AMI dan Alonas,” paparnya panjang. “Nantinya,” sambungnya lagi, “AMI akan menaungi musik-musik jenis pop, R&B, Arab, Latin, dance. AMI juga menggarap vokal dan band,” lanjut penyuka kegiatan menyanyi, pergi ke salon, traveling, mendengarkan musik, menonton film, dan shopping ini.

Menurut Alonas, penggarapan mini albumnya itu makan waktu sekitar 5 “ 6 bulan. “Agak repot juga, soalnya selain take vokal, aku juga jadi produser di albumku ini,” ujar wanita penyuka warna merah, jingga, putih, dan hijau ini. “Nggak cuma karakter suara, aku juga mengurusi konsep dance-nya,” sambung Alonas yang menggaet beberapa belly-dancer untuk penggarapan video klip “Pujaan Hati”. “Menurutku, genre pop Arabic ini cukup punya nilai jual di sini. Jadi, ya kita lihat saja bagaimana masyarakat mengapresiasinya nanti.”

Alonas
Awalnya, debut pertama karir menyanyinya ini dinamakan Alonas yang dirancang dengan konsep duo. “Tak harus selalu dengan partner yang sama, yang jelas berdua,” kata Alonas. Tapi perkembangan kemudian diputuskan untuk jadi proyek solo saja. “Lumayan berat karena aku harus menyusun strategi, team building, memikirkan konsep visual dan videoklip sendirian,” lanjutnya lagi.

Alonas sadar, imej yang telah terbangun selama ini mengenai dirinya tak selalu bagus. Ini diperkuat dengan film-film yang dibintanginya juga bergenre tak jauh dari imej itu. Oleh karena itu, kini ia berusaha mengubah tampilan visual dan lebih menjaga diri. Apalagi beberapa waktu belakangan, ia memutuskan untuk melepas kerudung yang dikenakan sepulangnya dari umrah ke Tanah Suci. “Aku masih belum siap untuk berhijab,” jawabnya singkat. Meski begitu, Alonas punya keinginan besar untuk membawa keluarga beribadah ke Mekkah. Menurutnya, ia amat terkesan saat berada di depan Kaâbah. “Di sana aku banyak dapat pertolongan dari ibu-ibu. Padahal mereka tidak mengenalku,” kenang dara yang gemar masak dan mengolah panganan tradisional macam rendang dan gulai kepala ikan ini.

Alonas berharap mini albumnya dapat diterima khalayak. “Semoga jenis musik yang aku usung bisa mewarnai khazanah musik di tanah air, utamanya di genre pop dance,” pungkasnya menutup pembicaraan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s