Kantor Pos Asing di Yokohama


Philanippon'11
Dewasa ini, setiap orang di dunia ini dapat melakukan korespondensi ke negara lain melalui surat yang dibubuhi prangko dari negaranya sendiri,-asalkan negara tersebut juga diakui oleh Uni Pos Dunia (Universal Postal Union, UPU). Di Jepang, sejak 1875 mereka sudah bisa melakukannya atau 5 tahun sejak layanan pos yang menggunakan prangko ada pada 1871.

Lantas, bagaimanakah sistem perposan sebelum era tersebut berlaku.

Di Jepang, sebelum era prangko Jepang bisa dibuat mengirimkan surat ke luar negeri, maka setiap kita ingin mengirimkan sebuah surat ke luar negeri, misalnya ke Inggris,maka kita harus mengirimkan surat tersebut di perwakilan kantor pos negara tujuan yang ada di Jepang. Tak heran bila saat itu ada beberapa kantor pos asing di Jepang, seperti dari Layanan Pos Inggris, Perancis dan Amerika Serikat. Umumnya, perwakilan pos tersebut ada di kota-kota pelabuhan penting yang juga di buka untuk melayani hubungan dengan negara asing. saat itu, Jepang memang melakukan politik menutup diri.

Plakat di gedung pos pelabuhan Yokohama, sebelumnya Kantor Pos Yokohama.

Kota-kota Pelabuhan yang terdapat pos asing adalah Yokohama, Nagasaki dan beberapa lainnya. Untuk mengirimkan surat keluar negeri, kita membeli dan memposkan di kantor tersebut, semisal mengirimkan surat ke Inggris, diposkan dari kantor disana dimana saat itu yang dijual adalah Prangko Hong Kong (Hong Kong, menjadi Koloni Inggris).

Setelah Jepang dipaksa membuka diri oleh AS dan melakukan perjanjian dengan jawatan Pos AS, maka barulah prangko Jepang bisa di gunakan untuk mengirimkan surat langsung ke luar negeri dengan catatan masih melalui America ( yaitu lewat kanto po San Francisco ) sejak 1 Januari 1875.

Pertama-tama surat-surat tersebut yang berasal dari berbagai pelosok Jepang dengan tujuan ke berbagai negara diluar negeri dikirimkan terlebih dahulu ke kantor pos Yokohama, dan kemudian dikirimkan ke San Francisco melalui pelabuhan Yokohama dengan catatan, ketentuan ini tidak berlaku bila negara tujuan adalah negara Asia. Kemudian setelah di Kanto Pos San Francisco surat-surat dikirimkan ke negara-negara tujuan disemua belahan dunia.

Sampul yang di kirim dari Kantor Pos AS di Yokohama, Jepang dengan tujuan Alexandria, AS. Cap Pos 22 Agustus 1873.
Sampul dikirimkan dari kantor pos Perancis di Yokohama untuk tujuan Lyon, Perancis. Cap pos 22 Desember 1873.
cap "Y1" dengan tinta hitam dan biru, diterakan atas prangko-prangko Hong Kong di kantor pos Inggris di Yokohama.

Melihat sejarah tersebut, Yokohama memiliki peran penting dalam sejarah pos di Jepang. tahun 2011 merupakan peringatan 140 tahun dimulainya layanan pos di Jepang, dan perayaan ini diwujudkan pula dalam event pameran filateli dunia, Philanippon 2011 awal Agustus mendatang.

Tulisan ini untuk menyambut pameran filateli dunia, Philanippon 2011.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s