Ford Untung USD 6,6 Milyar di 2010.


Ford Motor Company awal bulan ini melaporkan pendapatan bersih mereka di tahun 2010 sebesar $6.6 milyar, atau $1.66 per saham, naik $3.8 milyar, atau $0.80 per saham, dibandingkan dengan tahun 2009. Ini merupakan pendapatan bersih terbesar Ford dalam lebih dari 10 tahun terakhir seiring dengan variasi produk yang handal dan investasi baru mereka sehingga mendorong peningkatan operasi bisnis di seluruh dunia.

“Hasil 2010 melebihi perkiraan kami, sehingga mempercepat transisi dari pemberesan fundamental bisnis menjadi penciptaan pertumbuhan yang menguntungkan bagi semua,” ujar Alan Mulally, President dan CEO Ford. “Kami berinvestasi dalam sejumlah besar produk, teknologi dan pertumbuhan di semua wilayah di dunia.”

Laba operasi sebelum pajak setahun penuh 2010 sebesar $8.3 milyar, atau $1.91 per saham, yang merupakan peningkatan sebesar $8.3 milyar, atau $1.90 per saham, dibandingkan setahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan laba di setiap segmen automotif yang didorong kinerja yang kuat di Amerika Utara, yang terutama mencerminkan volume dan bauran positif serta penetapan harga bersih yang positif. Laba besar Ford Credit juga memberi kontribusi signifikan kepada kinerja setahun penuh Ford.

Ford mencatatkan kemajuan signifikan dalam penguatan neracanya, melalui pengurangan utang Automotive sebesar $14.5 miliar di tahun 2010, penurunan sebesar 43 persen. Tindakan ini akan menurunkan biaya bunga tahunan sebesar lebih dari $1 miliar. Ford mengakhiri tahun ini dengan mencatatkan dana bruto Ford Automotive melebihi utang sebesar $1.4 miliar. Tindakan pengurangan utang Automotif sebesar $7.3 miliar yang dilakukan di kuartal keempat mencakup pengurangan utang sebesar $2.5 miliar yang baru diumumkan untuk membayar fasilitas kredit bergulir dan pinjaman berjangka Ford.

Ford melaporkan pendapatan bersih kuartal keempat sebesar $190 juta, atau $0.05 per saham, yang merupakan penurunan sebesar $696 juta, atau $0.20 sen per saham, dibandingkan dengan setahun lalu. Hal ini mencakup dampak negatif hal khusus senilai $1 miliar, yang terutama terkait dengan biaya penyelesaian penawaran konversi utang senilai $960 juta pada kuartal tersebut yang telah diungkapkan sebelumnya untuk mengurangi utang Automotive yang jatuh tempo sebesar $1.9 miliar.

Ford mendapatkan laba operasi sebelum pajak sebesar $1.3 miliar, atau $0.30 per saham, di kuartal keempat, yang merupakan laba operasi sebelum pajak selama enam kuartal berturut-turut. Ini merupakan penurunan sebesar $322 juta, atau $0.13 sen per saham, dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2009.

Laba operasi sebelum pajak Automotive untuk kuartal keempat mencapai $741 juta, turun $173 juta dibandingkan dengan setahun lalu. Laba operasi sebelum pajak Financial Services untuk kuartal keempat mencapai $552 juta, turun $149 juta dibandingkan dengan setahun lalu, yang mencakup laba operasi sebelum pajak sebesar $572 juta untuk Ford Credit.

Ford Amerika Utara mencatatkan laba operasi sebelum pajak sebesar $670 juta pada kuartal keempat, yang merupakan peningkatan sebesar $59 juta dibandingkan dengan tahun 2009. Laba operasi sebelum pajak Amerika Utara setahun penuh mencapai $5.4 miliar, yang merupakan peningkatan lebih dari $6 miliar dibandingkan setahun lalu. Amerika Selatan, Eropa serta Asia Pasifik dan Afrika juga telah melaporkan laba operasi sebelum pajak setahun penuh untuk 2010.

Sebagai tindak lanjut atas kinerja keuangan Ford di tahun 2010, perusahaan akan membayarkan laba ke sekitar 40.600 buruh Amerika Serikat yang layak mendapatkannya. Jumlah rata-rata diperkirakan mencapai sekitar $5,000 per karyawan purna waktu yang layak mendapatkannya.

Penghasilan global Ford di kuartal keempat mencapai $32.5 miliar, naik $1.6 miliar dari periode yang sama tahun lalu, tidak termasuk Volvo mulai dari tahun 2009. Ford melaporkan penghasilan setahun penuh sebesar $120.9 miliar, naik $17 miliar dari setahun lalu, tidak termasuk Volvo mulai dari tahun 2009.

Ford menghasilkan arus kas terkait operasi Automotive positif sebesar $1 miliar pada kuartal keempat dan $4.4 miliar setahun penuh, yang merupakan peningkatan sebesar $5.2 miliar dibandingkan tahun 2009.

Ford mengakhiri tahun 2010 dengan dana bruto Automotive sebesar $20.5 miliar dan total utang Automotive sebesar $19.1 miliar. Dana bruto Automotive turun $3.3 miliar dibandingkan akhir kuartal ketiga akibat dari tindakan pengurangan utang yang signifikan. Pada tanggal 31 Desember 2010, total likuiditas Automotive mencapai $27.9 miliar, termasuk fasilitas pinjaman yang tersedia.

“Kemajuan yang kita lakukan dalam meningkatkan bisnis Automotive inti kita telah memampukan kita memperkuat neraca secara signifikan di tahun 2010, dan hal ini akan tetap menjadi area utama fokus kita di tahun 2011,” ujar Lewis Booth, Executive Vice President dan Chief Financial Officer Ford. “Kami terus mengelola bisnis untuk mendapatkan pertumbuhan jangka panjang yang menguntungkan.”

Khusus Asia Pasifik dan Afrika, pada kuartal empat 2010 dilaporkan bahwa laba operasi sebelum pajak sebesar $23 juta, dibandingkan dengan laba sebesar $16 juta setahun lalu. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh kenaikan volume, yang sebagian diimbangi oleh bauran yang tidak menguntungkan. Penghasilan kuartal keempat, yang tidak termasuk penjualan usaha patungan China yang tidak terkonsolidasi, mencapai $2.2 miliar, naik dari $1.7 miliar setahun lalu.

Untuk setahun penuh, Asia Pasifik dan Afrika melaporkan laba operasi sebelum pajak sebesar $189 juta, yang lebih besar daripada rugi sebesar $86 juta setahun lalu. Peningkatan ini terutama mencerminkan kenaikan volume, serta penurunan biaya bahan, pengiriman dan jaminan, yang diimbangi oleh kenaikan biaya struktural untuk mendukung investasi dalam produk dan rencana pertumbuhan Ford, serta bauran yang tidak menguntungkan.(ist.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s