Film Shaolin, Penuh Makna Filosofis.


Di awal tahun 1900an, negara China berada dalam kekacauan ketika banyak panglima perang berebut kekuasaan dan daerah. Hou Jie (Andy Lau) dan Tsao Man (Nicholas Tse), dua kakak beradik panglima perang dan bawahannya ingin menguasai kota Dengfeng. Sebuah kuil Shaolin di kota tersebut menampung para korban dan membantu para penduduk desa.


Hou Jie yang arogan ternyata dikhianati Tsao Man, adiknya sendiri, Tsao berusaha membunuh Hou, istri dan anaknya dan Hou pun berlindung ke dalam Shaolin. Di sana ia pun akhirnya menemukan ketenangan dan kedamaian. Tsao Man yang mengetahui bahwa Hou belum tewas pun geram dan mengerahkan pasukannya untuk membunuh Hou. Kuil Shaolin pun berada dalam bahaya.

Benny Chan sang produser adalah orang yang sangat terinspirasi oleh film The Shaolin Temple yang dibintangi Jet Li di tahun 1982. Ditawarkan untuk memproduseri dan menyutradarai Shaolin, sebuah remake dari film tersebut, Benny langsung menerima tawaran tersebut. Untuk menambahkan kisah baru dalam film Shaolin, Benny pun mendalami Shaolin yang telah ada sejak 1.500 tahun lalu.

Apa yang Benny pelajari tidak sia-sia, hasilnya adalah sebuah film yang memberikan kita semangat Shaolin. Adegan-adegan pertempurannya juga patut kita acungi jempol, apalagi Benny banyak melakukan adegan tersebut tanpa bantuan special effects dan teknologi CGI.

Ditambah dengan kehadiran Jackie Chan yang membawa tawa dalam film ini, Shaolin menjadi sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Produksi film ini dimulai sejak Oktober 2009 didahului dengan acara khusus di Biara Shaolin. Berita mengenai proyek ini tersiar paska Benny Chan mengumumkan keterlibatannya dalam film ini di situs resmi pribadinya meski tanpa detail lebih lanjut. Untuk memproduksi film ini, Chan tidak tanggung-tanggung dengan membuat set Biara Shaolin di Zhejiang yang menelan biaya 1.47 Juta dolar AS. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar situs asli tidak rusak.

Para pendukung film ini juga tidak segan-segan menggunduli kepala mereka, bahkan Jackie Chan sendiri juga menggunduli kepalanya meski dalam bermain dia memakai penutup kepala. Aktor Andy Lau mengalami cedera tangan kirinya saat melakukan adegan pertarungan. Soundtrack film, Wu dinyanyikan oleh Andy Lau.

Film Shaolin, di luncurkan pada 19 Januari 2011 di Cina dan secara internasional di tandai dengan peluncuran di Hong Kong pada 27 Januari 2011. Film yang di luncurkan dalam rangka menyambut libur imlek ini nampaknya menuai sukses dengan mencatat beberapa box office, di Hong Kong mampu meraup $592,046 di minggu pertama, sementara di Thailand dan Singapura juga menjadi box offiice nomor satu di minggu pertamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s