Indonesia 2012; Pameran Filateli Dunia Siap Digelar.



Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) akan menggelar Pameran Filateli Dunia (World Stamp Exhibition) bertema Indonesia 2012 pada 18-24 Juni 2012 di Jakarta Convention Centre Jakarta. Ketua Umum PFI Letnan Jenderal (Purn) R. Soeyono pada peluncuran Prangko Seri tahun Baru Kelinci. (25/01) memperkirakan hajatan besar itu akan diikuti para filatelis dari sekitar 70 negara. Acara ikut diramaikan sekitar 90 stamp dealer dari luar dan dalam negeri.


Pameran bertemakan “Jembatan Menuju Dunia yang Damai Melalui Prangko” (Bridging To The World of Peace Through Stamp) memang bertujuan untuk meningkatkan persahabatan antara filatelis dunia sebagai salah satu andil menciptakan perdamaian dunia. Termasuk dalam rangka memajukan perfilatelian dalam segala aspek.

Pada Pameran Filateli Jakarta 2010, akhir tahun lalu, Dirjen Pos dan Telekomunikas, Budi Setiawan, menyatakan harapan bahwa pameran filateli sedunia dua tahun lagi akan dapat sukses. Bukan saja sukses penyelenggaraannya, tetapi juga sukses menghasilkan filatelis-filatelis Indonesia yang dapat meraih medali tertinggi di pameran itu.

Dalam Kongres Federation Internationale de Philatelie (federasi filatelis sedunia) beberapa waktu lalu di Portugal , seluruh peserta secara aklamasi setuju dan memberi kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah pameran filateli sedunia 2012.

“Indonesia 2012” diperkirakan akan menjadi pameran filateli terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah sukses menyelenggarakan pameran filateli tingkat Asia-Pasifik tiga kali, yaitu “Indopex ‘93” di Surabaya (1993), “Jakarta ‘95” di Jakarta (1995), dan “Jakarta 2008” di Jakarta (2008). Indonesia juga pernah menjadi penyelenggara pameran filateli sedunia khusus untuk kelas remaja “Indonesia ‘96” di Bandung (1996).

Tujuan lain penyelenggaraan Indonesia 2012 ini yakni turut merayakan Hari Ulang Tahun ke-485 Kota Jakarta, memperingati Hari Pancasila ke-67, serta membangkitkan kehidupan perfilatelian di Tanah Air. Acara ini terselenggara atas kerjama dengan Pemerintah, PT Pos Indonesia dan masyarakat.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s