Whisky Satu Abad Tertimbun Di Kutub, Tetap Cair.



Tiga botol whisky yang ditinggalkan di es Kutub Selatan oleh penjelajah Inggris Sir Ernest Shakleton lebih dari seabad lalu akhirnya dibawa pulang ke Skotlandia.


Ketiga botol whisky Mackinla itu adalah bagian dari barang yang ditemukan tahun lalu dari bawah gubuk Shackleton di Antartika. Gubuk tersebut dibangun pada 1908, sebagai bagian dari upayanya yang gagal untuk mencapai Kutub Selatan.

Ketiga botol whisky itu, Senin (17/1), dikembalikan ke tempat asalnya, Whyte and Mackay, pemilik merek minuman tersebut, untuk dianalisis guna melihat bagaimana whisky itu bisa bertahan setelah sangat lama diawetkan pada suhu beku di kutub.

Krat kayu yang berisi whisky tersebut, yang memiliki tanda British Antartic Expedition 1907, membeku pada temperatur minus 30 derajat Celsius (minus 22 derajat Fahrenheit), tapi whisky di dalam botol itu tetap cair.

Whisky itu diduga dimasukkan ke dalam botol di Skotlandia pada 1896 atau 1897, sehingga minuman tersebut termasuk yang paling tua di dunia.

Richard Peterson, ahli pencampur minuman di Whyte and Mackay, mengatakan analisis tersebut akan bermanfaat bagi industri whisky. “Tak pernah dalam sejarah industri kami menyimpan whisky yang berusia satu abad dalam kondisi alamiah, kondisi paling berat di planet ini,” katanya.

“Sungguh menjadi kehormatan untuk bisa memanfaatkan pengalaman kami untuk menganalisis minuman yang mengagumkan ini,” katanya.

Selama enam pekan ke depan, whisky itu akan dianalisis, diendus, diuji dalam laboratorium tertutup.

Antartic Heritage Trust mengirim krat minuman tersebut ke Canterbury Museum di Christchurch, Selandia Baru, tempat whisky itu dicairkan dalam kondisi yang dipantau ketat, sehingga para ahli sejarah bisa melihat bagian dalam botol tersebut.

Botol whisky itu sangat langka dan bernilai sehingga pemilik Whyte and Mackay, Vijay Mallya, secara pribadi mengoleksinya dan membawanya kembali ke Skotlandia.

“Shackleton membuat sejarah dengan petualangan dan perjalanannya, dan saya memastikan kami akan membuat sejarah sendiri ketika kami membuka tutup kapsul waktu yang mengagumkan, unik yang berusia 100 tahun ini,” katanya. (Antara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s