“Konser Swara Sang Dewi – TITI DJ” Akan Go Green.


Titi DJ (44) awali tahun 2011 ini dengan mengadaka pertunjukan bertajuk “Konser Swara Sang Dewi” yang akan digelar berturut-turut selama empat hari, mulai tanggal 20-23 Januari 2011 mendatang di Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Melalui Konser Swara Sang Dewi ini, Titi DJ bermaksud untuk menularkan semangat cinta lingkungan dengan konsep pertunjukan yang ramah lingkungan (Green Concert). mulai dari kostum hingga properti panggungnya yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan.

“Konsepnya lebih ke go green, yang banyak diterapkan ke kostum, properti, desain panggung, dan pendukung lain konser,” terang Titi dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (08/01) “Karena konsep peduli lingkungan, desainer pun saya imbau pakai yang ramah lingkungan. Kainnya dari bahan organik, ada yang dari serat nanas. Untuk catnya, tidak pakai timbal dan yang pasti ramah lingkungan juga. Ada juga botol plastik daur ulang,” paparnya. “Di sekitar gedung kami sediakan tempat sampah yang dibagi organik dan non-organik,” tambahnya.

Tak hanya itu, dalam konser yang juga akan dimeriahkan oleh sejumlah artis ternama negeri ini,Rossa, Diana Nasution, Dewi Gita, Dewi Sandra, Sherina, Ello, Marcell, Cindy Bernadette, Ungu, Ovy /rif, Vidi Aldiano, Mike Mohede, Dara Jana.Selain itu ada The Dance Company, Geisha, Ira Swara, Iis Dahlia, Audrey-Gamaliel dan Denada

Andi Rianto ditunjuk sebagai sutradara musik pada pertunjukan kali ini dengan Magenta Orchestra sebagai pengiringnya. Titi ingin memberi contoh yang baik. “Mungkin banyak yang belum tahu kalau di rumah saya juga sudah saya pisahkan sampah organik dengan non-organik, ada tempat pengolahan sampah di rumah saya. Saya juga jadikan pupuk,” ceritanya.

Titi juga berharap pesan melalui konsernya itu bisa mudah diserap. “Jadi, mudah-mudahan apa yang kami kerjakan ini bisa terwujud dengan baik nanti. Saya berharap bukan hanya bisa menghibur lewat mata dan telinga, tapi ada juga misi bahwa saya ingin membawa pesan (lingkungan), dan mudah-mudahan pesan itu juga dibawa pulang oleh penonton,” ucapnya.

Istri gitaris Ovi “/rif” itu fokus menjaga kebugaran staminanya. “Bagaiamana pun saya sadar usia saya 44, jadi latihannya lebih kepada stamina,” kata Titi usai jumpa pers “Konser Swara Sang Dewi”

Belakangan, Titi mulai menyaring asupan makanan. Ia pun enggan mengonsumsi makanan berminyak yang bisa saja memengaruhi vokalnya nanti. “Vokal juga saya sudah berlatih, makanan dijaga, enggak lagi goreng-gorengan, dan menghindari yang dingin-dingin,” jelasnya.


Titi, yang yang akan menyuguhkan 29 lagu-lagunya di setiap pertunjukannya itu, berharap tidak akan kelelahan. “Saya tidak mau memikirkan capek, saya me-mindset diri saya untuk bisa. Ya kalau begitu pasti akan lebih ringan, dan lagu-lagunya tidak terlalu memerlukan fisik yang luar biasa karena saya juga bukan singer dancer kalaupun tetap ada narinya,” ujar Titi.

Titi DJ akan perform dua kali dalam sehari dan untuk hari pertama yaitu tanggal 20 Januari sebagai pembuka di mulai malam jam 20 dan untuk 3 hari berikutnya dua kali pertunjukkan yaitu 15.00, sementara pertunjukan kedua malam hari di mulai jam 20.00.

Even kali ini juga di dokumentasikan oleh Nia Dinata Cs. Dikatakan oleh Nia Dinata bahwa selama ini tidak banyak artis lokal yang melakuakn dokumentasi kegiatan konser mereka, kalaupun ada umumnya hanya mendokumentasikan saat konser berlangsung. Kali ini, Nia Dinata mendokumentasikan tidak hanya saat konser, namun termasuk proses pra produksi hingga pernik-pernik lainnya. Dengan demikian akan tercipta sebuah dokumenter konser yang komprehensif.

Penataan artistik akan dilakukan oleh Oleq Sanchabachtiar, yang akan menampilkan tampilan-tampilan fresh dan warna-warni seperti tanaman, pohon, bunga-bunga yang pasti akan memberikan nuansa hijau.

Titi DJ menyadari bahwa event seperti ini memerlukan stamina yang kuat, oleh karenanya jauh-jauh hari, dia telah melakukan latihan dengan bantuan personal trainer untuk membantu meningkatkan daya tahan fisik agar punya stamina serta tentu saja vocal coach untuk menjagai kualitas suara saya selama 4 hari berturut-turut.

Titi DJ menjanjikan pertunjukan kali ini akan beda dari konser tunggal pertamanya di tahun 2005 bertajuk Sang Dewi. Disini Titi Dj akan berkreasi dan berimprovisasi dalam ragam nada dan gaya dengan paduan unsur-unsur alam.

“Saya akan menggunakan kostum yang go green dan ramah lingkungan karya desainer anak bangsa, Jeffrey Tan yang menggunakan unsur-unsur kain organik dan ada kain dari serat akar nanas. Sebagian properti panggung akan menggunakan bahan-bahan daur ulang, misalnya dengan menggunakan botol-botol plastik. Catnya juga semaksimal mungkin tidak menggunakan cat yang mengandung timbal yaitu unsur kimia yang biasa digunakan sebagai zat pewarna yang apabila terhirup dapat membahayakan saluran pernafasan dan pencernaan,” papar Titi.

Titi tambahkan bahwa di area konser nanti di Teater Jakarta rencananya akan disediakan tempat sampah yang terpisah untuk sampah organik dan sampah non organik.

Tiket pertunjukan dibagi tiga kelas yaitu Platinum Rp. 850.000, Gold Rp. 375.000 dan Bronze Rp. 200.000 yang dapat diperoleh di tiket box, agen penjualan, official radio yang ditunjuk, SMS dan call center.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s