TEDx Jakarta, Membludak



Acara TEDx Jakarta yang di gelar untuk ke-enam kalinya, kali ini bertemakan “Somethink Different” telah mengundang antusiasme 400an peserta yang memadati Auditorium Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta pada Minggu (19/12).



TEDx merupakan afiliasi dari TED (Technology, Entertainment and Design) sebuah acara konferensi global dan rangkaian sesi bincang-bincang inspiratif yang dimulai sejak 1984. TED sendiri senantiasa menghadirkan para tokoh pemikir, inovator,artis bahkan kalangan terkemuka dalam berbagai bidang seperti teknologi, hiburan, visual dan seni peran, desain, politik, musik, ekologi dan lainnya. Diantara para tokoh yang pernah berpartisipasi dalam acara-acara TED sebelumnya antara lain Bill Gates, Bill Clinton dan Sir Richard Branson.

Anies Baswedan
Dalam event di Jakarta kali ini, para pembicaranya adalah Anies Baswedan, Presiden Universitas Paramadina yang menyampaikan tentang proyeknya, “Indonesia Mengajar”. Proyek ini telah mengirimkan para lulusan terbaik Indonesia ke daerah-daerah yang kekurangan tenaga pengajar pada tingkat sekolah dasar.

Selain itu, masih terdapat enam pembicara lainnya, yaitu Adi Panuntun, finalis penghargaan British Council International Young Creative Entrepreneur” sebagai design thinker dengan proyek video mapping Museum Fatahillah Jakarta.

Chandra Tresnadi, pemenang penghargaan INAICTA 2010 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam kategori “Interactive Digital Media” ; Sanggar Roda, sebuah komunitas musik untuk mendukung anak-anak terlantar yang digagas oleh pasangan suami-istri Nano dan Refni.

Rene Suhardono, seorang Career Coach dan pengarang buku ” Your Job Is Not Your Career” serta Betti S. Alisyahbana, salah satu pelaku bisnis perempuan ternama di Indonesia, mantan CEO IBM dan saat ini aktif melatih generasi muda Indonesia yang optimis dan penuh harapan untuk menjadi sosok yang mampu memimpin serta membawa perubahan bagi negara.

Benson Engelbert, kurator TEDx Jakarta ini, menyatakan apresiasinya atas antusiasme peserta di Jakarta dan berharap para peserta bisa menggunakan ide-ide dari acara ini bagi perubahan di lingkungan sekitarnya. Sementara pihak DBB Indonesia, yang menjadi sponsor acara ini menyatakan dukungannya bagi kegiatan kreatif ini sehingga diharapkan mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik, demikian dikatakan oleh David Wibowo dari DBB Indonesia.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s