Khalifah; Ujian Atas keikhlasan.


Di awal tahun baru 2011 sebuah film bertemakan islami tersaji. Khalifah memberikan sajian yang menggambarkan kehidupan seorang muslimah yang taat kepada keluarga dan setia kepada suaminya.


Sepeninggal ibunya, Khalifah (Marsha Timothy) harus berjuang menghidupi ayah dan adik tercintanya. Berbekal ijazah SMA dan bekerja di sebuah salon kecantikan, Khalifah yang taat akan perintah ayahnya harus menerima kenyataan dirinya dijodohkan oleh Rasyid (Indra Herlambang) demi membantu keluarga tercinta.

Pilihan sang ayah pun tidak mengecewakan Khalifah, selain taat beribadah, Rasyid juga sangat sayang kepada Khalifah. Khalifah yang penurut pun ikhlas saat sang suami menyuruhnya mengenakan Jilbab. Tidak hanya itu, Rasyid yang sedikit memiliki pemahaman yang keras tentang islam, akhirnya menasehati istrinya itu agar menggunakan cadar demi kebaikan keluarga.

Awalnya tidak mudah bagi Khalifah menggunakan cadar, berbagai respon negatif dan tatapan sinis menghampirinya. Bahkan pekerjaan sebagai juru rias di salon pun terancam hilang. Namun karena kepatuhannya kepada sang suami, membuatnya mengabaikan semua itu.

Secara keseluruhan khalifah bukanlah film dakwah Islam, film arahan Nurman Hakim lebih menggambarkan masalah hubungan laki-laki dan perempuan yang disatukan dalam ikatan pernikahan. Tidak ada penggambaran kekerasan dalam film ini namun lebih kepada sisi kemanusiaan. Sebuah film tentang perempuan muslim yang memiliki problematika layaknya perempuan manapun yang memiliki permasalahan di rumah tangga mereka.

Sesuai dengan judulnya, Khalifah, yang berarti pemimpin, memiliki pesan moral untuk disampaikan. Kita harus bisa menjadi pemimpin di manapun dan dalam kondisi apapun. Walau alur film berjalan lambat, film produksi bersama Triximages dan Frame Ritz Pictures ini menyajikan sisi berbeda dari kisah kehidupan seorang muslimah dalam suatu kehidupan berumah tangga.

Kisah kesetiaan dan keikhlasan khalifah akan tersaji mulai 6 Januari 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s