Dimensi Baru Teknologi Nano


Kita sering membicarakannya. Nanoteknologi menjadi topik utama berbagai debat, diskusi dan kontroversi. Terlahir dari kemampuan baru untuk melihat, menganalisa dan bekerja dalam skala atom, Nanoteknologi memiliki kegunaan yang tidak terbatas dalam berbagai bidang yang akan mengubah keseharian kita secara radikal pada masa yang akan datang.


Tapi apakah itu Nanoteknologi? Nanoteknologi adalah teknologi berbasis pengelolaan materi berukuran nano atau satu per semiliar meter dan merupakan lompatan teknologi untuk mengubah dunia materi menjadi jauh lebih berharga dari sebelumnya. Nanoteknologi berdampak di bidang ilmu pengetahuan dan kerekayasaan serta setiap sisi kehidupan manusia.

Apa yang kita bicarakan ketika membahas Nanoteknologi? Kita membicarakan ilmu pengetahuan, dunia atom, aplikasi yang amat sangat kecil dan termasuk juga ekonomi dan nilai jualnya. Untuk sebagian orang Nanoteknologi dianggap sebagai revolusi industri yang akan datang, penggerak inovasi dan pembangunan yang dahsyat. Beberapa cabang ilmu terapan dan medis mengadopsi nanoteknologi dan nanosains menjadi fondasi utamanya. Namun terdapat pula resiko, dampak dan kecemasan. Dengan teknologi yang teramat kecil, Nanoteknologi memberikan tantangan yang besar.

Perbandingan antara 1 meter dengan 1 nanometer adalah seperti halnya perbandingan antara bola bumi dengan bola pingpong. Sebagai contoh, perkembangan nanoteknologi dalam dunia komputer telah mengubah tidak hanya ukuran komputer semakin ringkas, namun juga peningkatan kemampuan dan kapasitas yang luar biasa, sehingga memungkinkan penyelesaian program-program raksasa dalam waktu singkat.

Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya, menggelar pameran sains mengenai nanoteknologi. Pameran ini menampilkan nanoteknologi dengan cara menyenangkan, juga mengenai potensi-potensi resiko dari penerapannya.

Pameran yang terbuka bagi semua kalangan ini bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri Prancis dan Eropa
(MAEE) dan jaringan pusat kebudayaan Prancis di Indonesia (CCF Jakarta, CCF Bandung, LIP Jogja). Tujuannya, memberi informasi dan pemahaman lebih jauh mengenai nanoteknologi dan memberi kesadaran mengenai isu ilmiah, ekonomi, maupun sosial sehubungan dengannya.

Berjudul ‘Expo Nano : L’Infiniment petit, les nanotechnologies nous lancent de grands défis’ (Pameran nano :
Teramat Kecil, Nanoteknologi Memberi Kita Tantangan Besar), atau lebih populer disebut Expo Nano berlangsung di 4 kota besar Indonesia pada tahun 2010 ini diantaranya : Bandung (5 – 19 Oktober), Surabaya (26 Oktober – 9 November), Jogjakarta (19 – 29 November) dan Jakarta (2 – 16 Desember).

Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang aktif dalam mengembangkan nanoteknologi. Kota Grenoble, asal pameran ini, dikenal sebagai pusat sains-teknologi di ranah Eropa dan merupakan tempat berkumpulnya para ilmuwan serta peneliti nanoteknologi. Dengan perkembangan nanoteknologi, dari penelitian di laboratorium,
hingga aplikasinya pada sejumlah industri, saat ini telah dipasarkan produk dengan nanoteknologi seperti pada produk elektronika, kosmetika, pakaian, makanan, sistem pneumatik, olah raga, otomotif, dan cat.

Melalui pameran ini kita akan dikenalkan pada nanoteknologi dengan cara pandang menarik, tak hanya mengenai informasi perkembangan nanoteknologi dan aplikasinya, namun juga mengenai problem etika, kesehatan maupun lingkungan yang disebabkan oleh manipulasi material pada skala atom.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s