Ionopolis Pocari Sweat Raih Penghargaan MURI



Pocari Sweat meluncurkan Ionopolis, game jejaring sosial terpadu pertama di Indonesia yang menggunakan Twitter, Facebook dan Foursquare di Indonesia pada hari Kamis 11 November 2010 di E Max, Plasa Semanggi.

Dengan memanfaatkan website http://www.pocarisweat.co.id/ionopolis, Pocari Sweat meluncurkan Ionopolis sebuah integrasi game yang interaktif, edukatif dan kreatif dengan memanfaatkan social media yang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Pengguna social media di Indonesia bisa dikatakan sangat besar, dimana Indonesia menempati posisi ke-2 di dunia untuk pengguna Facebook dengan jumlah anggota 30.108.220 (berdasarkan data dari http://www.checkfacebook.com/) dan menempati posisi ke-1 di dunia untuk twitter penetration dengan persentase 20.8% (data dari http://www.comscore.com per 11 Agustus 2010).


Ditengah boomingnya era digital media saat ini pemanfaatan website dan social media populer seperti Facebook, Twitter dan Foursquare merupakan salah satu cara paling efektif untuk menyampaikan edukasi kepada masyarakat. Hal ini pula yang ditangkap oleh Pocari Sweat, produsen minuman pengganti ion tubuh yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1989. Bapak R. Suhendar, Produk Marketing Manager Pocari Sweat mengatakan, “Pocari Sweat sebagai pelopor pertama yang memfasilitasi dan mengedukasi orang-orang untuk bergaya hidup sehat dan pentingnya asupan cairan tubuh untuk segala aktivitas melalui cara yang unik yaitu menggunakan channel digital dan social media yang sedang booming dikemas menjadi integrasi game dengan memanfaatkan 3 social media service.”

Ionopolis merupakan nama dari sebuah kota imajinasi, dimana di kota ini dikisahkan telah bangkit penjahat yang tidak terlihat dan menjadi ancaman bagi penduduk Ionopolis. Peserta game ini akan menjalankan serangkaian tantangan untuk menghancurkan penjahat-penjahat ini antara lain dengan melakukan check in di venue yang telah ditentukan kategori atau namanya melalui Foursquare, update status di Twitter dan Facebook, serta menjawab trivia quiz seputar gaya hidup sehat untuk mendapatkan poin. Akan ada juga badges achievement yang akan diberikan jika berhasil mengalahkan monster tertentu yang juga bisa di share melalui Facebook dan Twitter.

Peserta game dengan poin tertinggi akan memiliki kesempatan untuk meraih hadiah dua mingguan berupa 3 iPod shuffle untuk 3 orang. Setiap harinya para peserta bisa melihat peraih poin tertinggi dari urutan 1 sampai 10 dan melihat ranking masing-masing peserta di dashboard game. Dari semua peserta yang mendaftar akan disaring 100 orang semi finalis yang akan menjalankan tugas untuk membuat komik dengan menggunakan foto mereka dipadukan dengan potongan gambar yang tersedia di website. Dari 100 orang ini akan dipilih 10 orang finalis yang ditentukan berdasarkan voting untuk kreatifitas dalam membuat komik (30%) dan keputusan juri (70%). 10 orang finalis ini masing-masing akan mendapatkan iPod nano dan voucher Gramedia senilai Rp 1.000.000,-.

Kemudian para pemain juga dapat menambah poin melalui QR code yang tersedia di dashboard iklan di titik-titik tertentu, poster dan flyer di Gramedia dan Alfamart, quiz di radio Prambors serta peserta yang membeli produk Pocari Sweat di Alfamart juga akan memperoleh kode untuk refill hydration meter pada game sebagai usaha peserta untuk menambah poin dan melanjutkan permainan di dunia nyata. MURI juga mencatat QR code Pocari Sweat Ionopolis sebagai QR code terbesar di Indonesia dengan ukuran 10×10 m.


Sebagai tambahan, 10 finalis yang terpilih nantinya juga akan mendapatkan tantangan baru yang harus dilakukan secara nyata yaitu membuat video kreasi atau kreativitas lainnya dengan memanfaatkan produk Pocari Sweat yang telah disediakan dalam jumlah tertentu dan melakukan kampanye mengenai pentingnya asupan cairan tubuh bagi manusia. 10 Finalis ini memiliki waktu selama satu minggu untuk melakukan kreativitas untuk meraih voting tertinggi dan akan dipilih 2 orang pemenenang yang mendapatkan paket liburan ke Jepang.

Sejak diluncurkan pada 25 Oktober 2010 Ionopolis telah berhasil menjadi pilihan para penggemar game di Indonesia, terbukti hanya dalam waktu seminggu sejak diluncurkan lebih dari 13 ribu orang telah terdaftar sebagai peserta, tidak terkecuali Raditya Dika. Dia seorang novelis dan blogger muda berprestasi Indonesia yang menyukai edukasi yang disampaikan oleh Pocari Sweat melalui game kreatif dan interaktif ini di sela-sela kesibukannya. Raditya mengakui, “Kegiatan sehari-hari saya sangat akrab dengan internet. Bermain Ionopolis menjadi suatu aktivitas online yang sangat menyenangkan sekaligus kaya edukasi yang disampaikan dengan cara kreatif,” ungkapnya.

“Pocari Sweat akan selalu tetap pada komitmennya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga asupan cairan bagi tubuh. Untuk menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas dan agar bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat, digital media berupa website dan social media merupakan pilihan paling tepat sebagai sarana edukasi. Kami berharap dengan hadirnya Ionopolis bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk bermain game, sekaligus sarana untuk memperkaya pengetahuan mengenai pentingnya asupan cairan bagi tubuh,” tutup Suhendar.(Foto Dok. Ist/ AIO/HQM)

2 thoughts on “Ionopolis Pocari Sweat Raih Penghargaan MURI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s