Surplus Perdagangan Cina


Cina mencatatkan surplus perdagangan lebih besar dari perkiraan awal sebesar $27.1 milyar di bulan Oktober pada Kamis (10/11). Nilai ekspor naik 22.9 percent dari tahun lalu sementara impor meningkat 25.3 percent, demikian dilaporkan oleh Biro Bea Cukai Cina.

Dengan tingkat surplus yang demikian ini membuat banyak uang masuk dalam sistem ekonomi Cina yang tumbuh sangat pesat. Bank Sentral Cina menyikapi dengan meminta Kreditor menambahkan sejumlah dana di modal kerja mereka. Hal ini sebagai upaya menjaga likuiditas moneter.


Yuan menguat ke 6.6364 terhadap Dolar AS pada 1:37 sore waktu setempat mendekati level tertinggi sejak 1993, sementara Indek Gabungan Shanghai terkoreksi 1 percent.

Surplus ini merupakan yang terbesar tahun ini dimana dibandingkan dengan perkiraan yang janya $25 milyar sebagaimana dikatakan Bloomberg News. Surplus bulan September hanya $16.9 milyar. Nilai Impor mengalami pertumbuhan lebih sedikit dari perkiraan analisis sebesar 28.3 percent. Naiknya impor bulan September hanya 24.1 percent. Kenaikan ekspor dibandingkan perkiraan awal sebesar 23 percent adalah lebih kecil, sementara di bulan September nilai ekspor justru naik 25.1 percent.

Inflasi Cina bulan Oktober akan diumumkan besok. Hal ini tidak mengejutkan berkenaan dengan keputusan bank sentrak menaikkan suku bunga sebesar 4.4 percent dan tingkat pinjaman baru akan mencapai 600 milyar yuan, atas perkiraan saat ini. Spekulasi suku bunga sebesar 4.4 percent menjadi alasan utama bagi saham-saham Cina untuk jatuh hari ini. Bank Sentral Cina diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun ini. Diikuti dengan menjual obligasi untuk naikkan kas mereka. Hal ini membuat kelebihan likuiditas dan diperkirakan akan terjadi masuknya modal baru. Perkiraan para ahli ekonomi sebesar 450 milyar yuan.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s