Kebijakan Moneter AS Akan Sebabkan Banjir Kapital.


Kekhawatiran akan dampak kebijakan lunak moneter AS mengemuka, dimana diperkirakan akan menimbulkan banjir aliran kapital ke negara-negara berkembang. Demikian dikatakan oleh Presiden Bank Dunia Robert Zoellick hari ini (10/11) di Singapura.


Dalam sebuah wawancara di televisi Bloomberg, Zoellick menyatakan beberapa perhatiannya akan kebijakan monter yang lunak tersebut. Menurutnya, meski kita tidak melakukan kebijakan tersebut, namun apabila kita memiliki keunggulan differensial berupa pertumbuhan ekonomi, maka diperkirakan akan terjadi ledakan aliran kapital yang masuk. Dengan demikian, tentu saja sasarannya adalah negara-negara berkembang.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa The Federal Reserve AS pada minggu lalu telah mengumumkan rencana untuk membeli tak kurang $600 milyar obligasi jangka panjang pemerintah AS sebagai kelanjutan kebijakan lunak mereka untuk merangsang pertumbuhan ekonomi AS. Para pengambil kebijakan di berbagai dunia menyikapi hal tersebut dengan mengingatkan akan tekanan terhadap Dolar AS dan menimbulkan aliran kapital besar-besaran ke negara-negara berkembang. (BLB/HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s